Ahok Divonis Dua Tahun Penjara, Ini Komentar Jokowi - JK

TINJAU JAKARTA- Presiden Joko Widodo menegaskan kembali bahwa pemerintah tidak mengintervensi perkara hukum.

Hal itu diungkapkan Jokowi atas pertanyaan wartawan mengenai sikap Presiden terhadap vonis dua tahun penjara terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Sekali lagi, pemerintah tidak bisa mengintervensi proses-proses hukum yang ada," ujar Jokowi di sela kunjungan kerja di Papua, Selasa (9/5/2017) seperti dikutip dari kompas.com

Jokowi mengatakan, proses hukum adalah satu-satunya cara bagi satu negara demokrasi untuk menyelesaikan persoalan. Rakyat mesti percaya mekanisme hukum tersebut.

"Ini yang paling penting. Kita semua harus percaya terhadap mekanisme hukum yang ada untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada," ujar Jokowi.

"Dan memang begitulah sebuah negara demokratis dalam menyelesaikan perbedaan-perbedaan pandangan yang ada," lanjut dia.
Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan simpatinya terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang divonis 2 tahun penjara karena terbukti melakukan penodaan agama. Ahok juga langsung ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur.

"Bagaimana pun Ahok itu gubernur DKI, wakil pusat di daerah. Karena itu saya sampaikan rasa simpati atas apa yang terjadi," ujar Wapres JK kepada wartawan di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, dikutip dari detik.com

Menurut JK, putusan majelis hakim yang diketuai Dwiarso Budi Santiarto harus diterima semua pihak. Ahok pun bisa menyatakan banding atas putusan.

Ahok divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Putusan itu diatas tuntutan jaksa, yakni 1 tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. Majelis hakim juga memerintahkan Ahok untuk ditahan. Setelah putusan, Ahok langsung dieksekusi ke Rutan Cipinang, Jakarta Timur.


_______
Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Iklan & Promo: 089624350851


Twitter Update

Gubernur Anies: ASN Bukan untuk Dimusuhi tetapi Dibina https://t.co/Rtit2O2yEj
Maju dari Perseorangan, Endang Kosasih Data KTP Dukungan https://t.co/OpkB3dQTWk
Pemuda Subang, Novan Husein Bidik Kursi DPR RI https://t.co/QQ4297QmUd
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page