Literasi

  1. Opini
  2. Surat Pembaca

Puluhan tahun harapan masyuarakat Bantarwaru, Kecamatan Ligung, majalengka memiliki Lapangan Sepak Bola sendiri akhirnya baru terrealisasi saat ini. Sebuah lahan eks bengkok seluas 6.336 m2 di Blok Jumat Desa Bantarwaru itu kini sedang digarap untuk pembuatan Lapangan Sepak Bola.

Salah seorang tokoh Pemuda Desa Bantarwaru Dandri mengatakan sejak Desa Bantarwaru dimekarkan dari Desa Sukawera pada tahun 1984/1985, Desa Bantarwaru yang menjadi desa induk, tidak memiliki lapangan sepak bola. Fasilitas olahraga yang sebelumnya ada, secara geograpis masuk ke wilayah Desa Sukawera.

"Sejak saat itu sampai sekarang, kita selalu menumpang di lapangan sepak bola milik Desa Sukawera. Dan sekarang, alhamdulillah kita akan punya Lapangan sendiri," kata Dandri Selasa (11/9/2018)

Usaha untuk memiliki lapangan sepak bola sendiri, sebenarnya sudah cukup sering disampaikan. Namun upaya itu selalu kandas dengan alasan keterbatasan anggaran. Baru pada tahun 2018 ini Pemdes mengabulkan keinginan masyarakat untuk dibangunkan lapangan sepak bola seiring turunnya Dana Desa (DD) tahun ini.

"Alhamdulillah tahun ini Pemdes bisa membangun lapangan sepak bola yang permanen. Sehingga anak anak muda khususnya pecinta olah raga sepak bola ini bisa berlatih dengan pokus dan tidak menumpang ke lapangan sepak bola milik desa lain. Mudah-mudahan ke depan bibit atlit sepak bola ini lahir dari sini," ujar Dandri.

Kades Bantarwaru H Sumarno menjelaskan pembangunan lapangan sepak bola ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang selama 33 tahun tidak memilikinya. "Maklum pasca dimekarkan dengan Desa Sukawera pada tahun 1985, Desa Bantarwaru tidak memiliki sarana olah raga sepak bola, karena otomatis secara geograpis lapangan sepak bolanya masuk ke wilayah Desa Sukawera," tandasnya.

Aset yang dibangun untuk sarana olah raga ini adalah tanah bengkok seluas 6.336 meter persegi. Dengan menggunakan anggaran dari bantuan DD tahap kedua sebesar Rp.402.817.100,-. "Semoga dengan dibangunnya sarana olah raga ini bisa meningkatkan prestasi olah raga khususnya dibidang sepak bola," pungkasnya. (Echa)

Ikuti Lintasan Berita via socmed:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU