Literasi

  1. Opini
  2. Surat Pembaca

Persima, klub sepak bola yang ada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menjadi kesebelasan yang cukup mendapat tempat di masyarakat setempat.

Kendati belum bermain di liga elite Tanah Air, akan tetapi kecintaan masyarakat Kabupaten Majalengka terhadap Persima cukup besar.

Selain memberi dukungan saat Persima bertanding, kecintaan mereka pun diperlihatkan lewat karya seni yang berkaitan dengan Persima. Mural yang terletak di Desa Sepat, Kecamatan Sumberjaya, adalah salah satu bukti kecintaan mereka kepada Persima. Bermodal uang udunan (iuran) dan kemampuan membuat mural, mereka memutuskan untuk menggoreskan nama Persima di salah satu gudang yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.

"Itu kami bikin sekitar dua bulan yang lalu. Dibikin di tembok gudang, daripada banyak coretan yang bikin nggak enak dilihat, kami inisiatif dengan modal udunan bikin mural Persima. Selain menyalurkan kreativitas, juga mengenalkan Persima ke masyarakat agar masyarakat tahu bahwa Majalengka juga punya tim kebanggaan, tim dari tanah kelahiran," kata salah satu warga, Fikry, kepada SINDOnews.

Namun sayang. Nilai seni dari mural itu tidak bertahan lama. Beberapa hari lalu, karya seni pencinta Persima itu diganggu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, pemandangan itu sempat jadi perbincangan di fans page facebook Majalengka. "Dirusak kemarin, ada yang nempelin stiker produk rokok," beber dia.

Kendatian demikian, hal itu tidak membuat mereka kapok. Setelah karya mural untuk tim kebanggaannya dikotori, mereka bertekad untuk kembali mempercantik karya seni itu. "Ya sekarang mah kami nggak akan memperpanjang masalah ini, tapi kalau nanti terulang lagi, nggak akan tinggal diam. Kebetulan kerusakannya nggak terlalu parah, masih bisa dicat ulang sedikit," jelas dia.

"Emang nempelin iklan produk itu bebas boleh di mana saja, tapi ada tempatnya lah, jangan merusak karya orang lain juga," lanjut dia menyesalkan aksi pihak tidak bertanggung jawab itu.


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU