2018, Jumlah Tenaga Asing di Majalengka Meningkat

Jumlah tenaga kerja asing di Kabupaten Majalengka tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2017 laluyang hanya sebanyak 86 orang. Ironisnya keeradaan mereka itu tidak semuanya memberi kontribusi ke Majalengka karena status mereka tenaga kkontrak.

Data dari DInas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Majalengka menyebutkan jumlah tenaga kerja asing pada tahun ini sebayak 104 orang. Jika dibandngkan tahun sebelumnya mengalami peningkatan sekitar 18 orang. Menurut keterangan Kepala Bidang Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans Majalengka Sangap Sianturi penambahan jumlah tersebut beberapa diantaranya adalah tenaga kerja kontrak di pabrik sepatu di Kecamatan Ligung

Menurut Sangap hanya sebagian yang menjadi pekerja tetap di Kabupaten Majalengka, karena diantara merekapun ada yang bekerja di dua kabupaten di Jawa Barat bahkan dua provinsi, sehingga mereka terdaftar sebagai tenaga kerja di Provinsi Jawa Barat.

"Pekerja di pabrik sepatu ini pada umumnya adalah tenaga kontrak, mereka berada di Majalengka selama membangun perusahaan setelah selesai kembali ke negara asalnya di Cina, karena PT Suton sendiri adalah milik perusahaan asal Cina," kata Sangap Sianturi, Rabu (11/04/2018).

Pekerja asing tetap kini kebanyakan berada di sejumlah Pabrik Garmen dan keramik di Kasokandel dan Dawuan. Para pekerja asing lainnya diharapkan bisa menjadi pekerja tetap di Kabupaten Majalengka sehingga IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing) dikeluarkan oleh Kabupaten Majalengka sehingga berdampak pada PAD yang diambil dari penghasilan dari mereka sebesar 100 dolar perbulan.

"Tahun kemarin pendapatan dari sektor tenaga kerja asing hampir sebesar Rp 1 milyaran, sekarang target pendapatannya tidak di kami namun di Badan Pelayanan Terpadi dan Penanaman Modal," ungkap Sangap. (Abduh)


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 1

Twitter Update

Hindari Penyimpangan ADD, Puluhan Kades Gelar Bimtek di Purwadadi Subang https://t.co/8cXRIVJNan
Ada BIJB, Maman: Majalengka Harus Berdaya, Rakyatnya Sejahtera Cc @kang_maman72 @infobijb https://t.co/DUgucfVL0p
Jelang May Day, Kapolres Majalengka Himbau Serikat Buruh Gelar Acara di Perusahaannya https://t.co/TsIL73tzAo
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page