FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pandemi Membuat Internet Jadi 'Nadi Kehidupan' Manusia

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Selal ada hikmah dibalik setiap kejadian, bahkan ketika pandemi Corona melanda dunia. Semua orang telah mengubah bagaiana cara orang beraktifitas. Kegiatan bertatap muka atau bertemu langsung telah dibatasi guna mengurangi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

Perbedaan signifikan saat pandemi melanda ialah, mulai diberlakukannya Work From Home (WFH) alias bekerja dari rumah. Insfrastruktur memadai menjadi dasar tertjadinya WFH sehingga mau tidak mau akses Internet menjadi kebutuhan mendasar bagi mereka yang melakukan WFH.

Peningkatan pengguna maupun konsumsi internet selama pandemi dibenarkan oleh Staf Khusus Bidang Kebijaksanaan Digital dan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi. Salah satu penyebabnya, kata Dedy, adalah pergeseran aktivitas dari perkantoran ke permukiman.

BACA JUGA: Kuota Internet Gratis 50GB Dibagikan Lagi, Periksa Persyaratanya Disini

“Penggunaan internet yang tadinya berpusat di perkantoran kini lebih banyak digunakan di permukiman dan meningkat sekitar 30 hingga 40 persen. Selain itu, penggunaan pada daerah tertinggal juga memiliki peningkatan sebesar 23 persen,” ujar Dedy dilansir dari kominfo.go.id, Kamis beberapa waktu lalu.

Kenaikan pengguna juga tercatat dalam survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dilaksanakan pada 2-25 Juni 2020 dan melibatkan 7.000 responden di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Laporan Survei Internet APJII kuartal II 2020 menyebutkan bahwa penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 73,7 persen atau 196,71 juta pengguna.

Dari survei tersebut juga diketahui alasan masyarakat dalam menggunakan internet. Tercatat, 29,3 persen responden memakai internet untuk berkomunikasi. Kemudian, disusul bermedia sosial 24,7 persen, mengakses hiburan 9,7 persen, mengakses layanan publik 7,6 persen, dan 4,8 persen berbelanja online.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Tok! Mulai 25 April Besok WNA dari India Dilarang Masuk RI https://t.co/M9IReLwkVo
Satlantas Polres Majalengka Buru Pemotor Knalpot Brong https://t.co/vGZ325FrM2
Wabup Subang Apreisasi Pembangunan Zona Intergritas BPS https://t.co/P4iMwvCjrZ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter