FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Catat!, Ini Caranya Agar HP Android Anda Aman dari Serangan Saiber

Indeks Artikel

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Hampir seluruh orang di dunia menggunakan smartphone. Segala aktivitas mulai sosial media, foto-foto, agenda, sampai banking semua ada di dalam satu genggaman. Karenanya penting untuk memberikan perhatian kepada HP yang kamu gunakan sekarang agar terjaga dari hacker dan kejahatan siber.

Nah, untuk melindungi ponsel khususnya Android dari serangan hacker, Jake Moore yang merupakan Security Specialist di Eset membagikan 4 tips sederhana yang bisa kamu coba. Dikutip dari Mirror via detikINET, Minggu (29/11/2020) berikut adalah caranya:

1. Update segera sistem operasi

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah memastikan smartphone update dengan pembaharuan sistem operasi terkini. Meski terkadang banyak yang menunda, ini merupakan hal pertama yang disarankan Moore.

"Pertama, pastikan ponsel kalian up to date dengan pembaharuan firmware sistem operasi terbaru yang akan menjaga ponsel kalian terlindungi dari ancaman terkini," cetus Moore.

BACA JUGA:
Kenali Jika HP Kamu Dikloning Peretas
Tentang Peretasan WhatsApp dan Cara untuk Menangkalnya
Akun Socmed Diretas, 'Bupati Majalengka' Minta Bantuan Dana COvid-19
Bocah Peretas NASA Dianiaya Orang Tak Dikenal, Ini Fakta Terbarunya

Sebaiknya, langsung saja update jika HP Android memberikan pembaharuan software terbaru, detikers. Biasanya update juga akan diberitahukan secara otomatis. Namun tidak ada salahnya sekali-sekali mengecek di bagian setting untuk memantau apakah ada update terbaru yang mungkin kamu lewatkan.

2. Download Password Manager

Dengan download aplikasi Password Manager, ini akan sangat membantu mengontrol password yang kita gunakan di banyak layanan. Password manager dapat menyarankan password yang kuat dan memantau apakah kalian memakai password yang sama di website lain. Kalian sudah paham bahwa sebisa mungkin tidak memakai password yang sama di layanan yang kamu miliki.

"Download Password Manager untuk menjaga semua password kalian dan kemudian nyalakan otentifikasi dua faktor di semua akun yang menawarkannya, yang seharusnya ada di kebanyakan aplikasi dan akan mengamankannya dari hacker bahkan meskipun password sudah didapat," jelas Moore.

Selain itu, aplikasi ini bisa pula digunakan untuk memantau semua gadget yang kita pakai serta browser.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Otomotif Jepang Berpotensi Masuk ke Subang Smartpolitan https://t.co/piNzqXzGe0
Tanggul Sungai Jebol, Rumah Warga Dawuan Majalengka Terancam https://t.co/V9inSEI0Ze
Ditemui Pangdam, Bupati Subang Tawarkan 4 Ribu Hektare untuk Ketahanan Pangan https://t.co/BRNEHnfmpq
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter