FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Penampakan Menakjubkan, Foto Matahari Terbit dari 'Bagian Bawah' Planet Bumi



Penampakan Matahari terbit dari luar angkasa tentu berbeda dengan apa yang kita lihat di Bumi. Baru-baru ini, astronaut NASA Bob Behnken, mengabadikan pemandangan munculnya Sang Surya yang cukup bikin takjub.

Bob yang saat ini sudah kembali ke Bumi, saat itu berada di stasiun antariksa International Space Station. Dari ketinggian sekitar 402 kilometer, ISS mengelilingi Bumi secara konstan dan mengalami siang dan malam, termasuk terbitnya Matahari.

Dalam foto yang dibagikan oleh Bob di Twitter, sang astronaut membagikan penampakan Matahari terbit dalam empat adegan terpisah. Terlihat sisi Bumi yang gelap perlahan-lahan menampakkan titik yang semakin terang, pertanda kemunculan Matahari.

BACA JUGA:
Karena Kurang Cahaya Matahari, Bumi Pernah Jadi Bola Salju
Menakjubkan!, Inilah Penampakan Matahari dari Dekat
Mengungkap Misteri 'Api Unggun' di Permukaan Matahari

"Momen pertama Matahari terbit dari International Space Station," tulis Bob. Postingannya itu meraih banyak perhatian dari netizen, dengan 500-an komentar serta Like mencapai lebih dari 63 ribu.

Tentu foto ini mengundang rasa penasaran, misalnya kenapa Matahari seolah terbit dari bawah planet ini. "Kenapa Matahari berada di bawah horison, tidak di atasnya? Membingungkan," tanya seorang netizen.

Seorang netizen menjawab pemandangan Matahari terbit dari antariksa berbeda dan juga tergantung dari posisi ISS yang sedang melayang di atas sana. Jika posisi ISS berbeda, tentu foto yang dijepret akan menyajikan pemandangan yang berbeda pula.

Ada juga yang menjelaskan bahwa lengkungan di atas Bumi itu adalah termasuk lapisan atmosfer sehingga sinar Matahari terlihat agak tertahan. Lengkungan tersebut juga menjadi batasan antara siang dan malam yang terjadi di Bumi.

ISS sendiri bergerak amat cepat dan menyelesaikan orbit Bumi hanya dalam waktu 90 menit. Artinya setiap hari, astronaut yang berada di sana dapat menyaksikan sampai 16 kali Matahari terbit dan juga 16 kali Matahari terbenam.

Sumber: detikINET | Foto: Bob Behnken

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Lokasi SIM Keliling untuk Wilayah Bandung, Selasa 22 September 2020 https://t.co/ndKpJbzyko
Kasus Covid-19 di Majalengka Bertambah, Ini Daftar Lengkapnya https://t.co/BLXJl1Mh5g
Dentuman Misterius Juga Pernah Terjadi di Luar Negeri https://t.co/N9XHkYlmhO
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter