FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tips Cara Amankan Akun Twitter Agar Tidak Bisa di-Hack



Peretasan bisa menimpa siapa saja, termasuk akun Twitter milik sejumlah tokoh terkenal mulai dari Bill Gates, Elon Musk, hingga Jeff Bezos. Jangan sampai kalian kena hack, lakukan tips amankan akun Twitter.

Entah kalian pengguna Twitter reguler atau yang terverifikasi, selebriti atau pengguna biasa, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga akun tetap aman, seperti dikutip dari halaman Pusat Bantuan Twitter.

BACA JUGA:
Kisah dr Jiemi Ardian, Dokter Spesialis di Twitter
Akun Twitter Pemkab Subang Verified, Ini Cuitannya
SBY Bicara Soal Penyadapan Australia di Twitter
Top! Hacker Indonesia Serang Puluhan Website Malaysia

1. Gunakan password yang kuat

- Buat password sepanjang minimum 10 karakter. Semakin panjang, semakin baik
- Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol
- Gunakan password berbeda untuk tiap situs atau layanan yang kalian kunjungi
- Jaga password kalian di tempat yang aman. Pertimbangkan menggunakan apikasi pengelola password untuk menyimpan semua informasi login secara aman.

2. Gunakan verifikasi masuk

Verifikasi masuk adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun. Verifikasi masuk akan melakukan pemeriksaan tambahan, tidak sekadar mengandalkan password, untuk membantu memastikan hanya kalian yang dapat mengakses akun. Hanya orang yang memiliki akses ke password dan nomor ponsel kalian (atau kunci keamanan) yang dapat masuk. Caranya dapat dilihat di tautan berikut ini.

3. Waspada terhadap tautan mencurigakan

Selalu pastikan kalian membuka halaman Twitter.com sebelum memasukkan informasi login. Domain Twitter akan selalu memiliki https://twitter.com/ sebagai domain dasar.

Berikut ini beberapa contoh halaman masuk Twitter:
https://twitter.com
https://twitter.com/login

Selain itu, jika kalian menerima Direct Message (bahkan dari teman Anda) dengan URL yang terlihat janggal, Twitter merekomendasikan untuk tidak membuka tautan itu.

4. Jangan pernah berikan username dan password

Pastikan kalian tidak mudah memberikan username dan password ke situs atau layanan pihak ketiga, terutama situs yang berjanji membantu mendapatkan banyak follower, menghasilkan uang, atau memverifikasi diri.

Sering kali mereka akan mencoba mengelabui dengan tautan yang mengarah ke halaman Twitter palsu. Kapan pun kalian diminta memasukkan password Twitter, lihat sekilas URL pada bilah alamat di browser untuk memastikan kalian benar-benar berada di halaman twitter.com.

5. Selalu update Twitter dan pastikan anti-virus terpasang di perangkat

Selalu update versi terbaru Twitter, anti-virus, browser dan sistem operasi di perangkat kalian.

Update software seringkali dirilis dengan patch untuk mengatasi ancaman keamanan spesifik. Pastikan juga kalian melakukan scan perangkat secara rutin untuk mendeteksi virus, spyware, dan adware.

6. Cek apakah akun kalian disalahgunakan

Jika akun telah disusupi tetapi kalian masih dapat masuk, gunakan halaman untuk mengecek apakah akun kalian disalahgunakan di Pusat Bantuan Twitter berikut ini. Halaman ini akan membantu mengamankan akun kalian dan menghentikan perilaku yang tidak diinginkan.

Lebih lanjut, Twitter mengingatkan bahwa pihaknya tidak akan pernah meminta pengguna memberikan password melalui email, Direct Message, atau reply.

Twitter juga tidak akan pernah meminta mengunduh sesuatu atau masuk ke situs web non-Twitter. Jangan pernah membuka lampiran atau menginstal software apa pun dari email yang mengaku dari Twitter.

Jika Twitter mencurigai akun kalian telah terkena phishing atau diretas, mereka dapat mengatur ulang password untuk mencegah peretas menyalahgunakan akun. Dalam hal ini, Twitter akan mengirimi email berisi tautan ke twitter.com untuk mengatur ulang password.

Sumber: detikINET | Foto: Twitter Logo/TheVerge

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gempa M 5,4 Terjadi di Halmahera Barat, Walau Tidak Berpotensi Tsunami Namun Harus Tetap Waspada https://t.co/2pzrPn4DkU
Jadwal Pemadaman Listrik di Subang Pada 26 November 2020 https://t.co/4aWb1Msvxs
Update Covid-19 Subang: Jumlah Positif Bertambah 13 Orang https://t.co/QM44Fzv2pu
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter