FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Waspada!, Jangan Install Aplikasi Ini di Ponsel Karena Bisa Curi Password Facebook Kamu

Aplikasi jahat masih terus menghantui pengguna Android. Google baru saja menghapus 25 aplikasi Android dari Google Play Store karena ketahuan mencuri password Facebook milik pengguna.

Dikutip dari ZDNet melalui detikINET, sebelum dihapus, 25 aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 2,34 juta kali. Semua aplikasi ini dikembangkan oleh kelompok yang sama, dan meski menawarkan beragam fitur, aplikasi ini terlihat memiliki cara kerja yang sama.

Berdasarkan laporan dari perusahaan keamanan siber Evina, aplikasi jahat ini berkedok sebagai aplikasi untuk menghitung langkah, editor video, editor foto, aplikasi wallpaper, aplikasi senter, manajer file dan mobile game.

BACA JUGA:
Awas! Aplikasi Game Android Ini Ternyata Berbahaya untuk Ponselmu, Segera Hapus
Sempat Heboh Aplikasi Raqib Atid untuk Android, Kini Hilang dari PlayStore
Baterai Android Kamu Sering Boros? Lakukan Cara Ini
Disdik Majalengka 'Haramkan' Murid SD Bawa Android dan Gadget ke Sekolah

Aplikasi-aplikasi ini sebenarnya berfungsi seperti klaimnya, tapi juga diam-diam memiliki kode berbahaya di dalamnya. Peneliti Evina mengatakan aplikasi ini memiliki kode yang bisa mendeteksi aplikasi apa yang baru dibuka pengguna dan sedang aktif di layar.

Jika aplikasi yang dibuka adalah Facebook, aplikasi jahat ini akan menampilkan halaman browser di atas aplikasi resmi Facebook. Kode jahatnya langsung memuat halaman login Facebook di halaman browser tersebut.

Jika pengguna memasukkan alamat email dan password untuk akun Facebook mereka di halaman phishing ini, aplikasi jahat tersebut akan menyimpan data dan mengirimkannya ke server di domain airshop.pw yang kini sudah tidak aktif.

Evina mengatakan mereka menemukan kode jahat di 25 aplikasi ini dan melaporkannya ke Google pada akhir Mei. Google kemudian menghapus aplikasi yang dilaporkan pada awal bulan Juni setelah memverifikasi laporan Evina.

Beberapa dari aplikasi ini telah berada di Play Store selama lebih dari satu tahun, sehingga mereka bisa diunduh hingga jutaan kali. Berikut ini adalah daftar 25 aplikasi yang dihapus Google karena ketahuan mencuri password Facebook.

Sumber: detikINET | Foto: Ilustrasi Aplikasi Jahat/Jeffsblog

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Subang Terima Penghargaan Sebagai Sahabat Anak dari Kak Seto https://t.co/2C1UWcfQB5
Kasus Covid-19 Bertambah, Subang Turun Level dengan Status Zona Hijau https://t.co/fNwbFlfRjP
Undang Dua Dinas, Bupati Bicara Soal Peluang Pengembangan Industri di Subang https://t.co/qpA3EhoUGq
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter