Ingin Akses Internet Lebih Lancar? Lakukan Cara Ini



Selain listrik, internet sudah menjadi kebutuhan banyak masyarakat. Hampir seluruh pekerjaan maupun hiburan kini membutuhkan internet. Internet bisa menjadi masalah saat koneksi yang diberikan tidak stabil bahkan tidak terhubung ke jaringan, hal seperti ini bisa membuat aktivitas terhambat apalagi di saat work from home (WFH) karena wabah Covid-19.

BACA JUGA:
Selama Lockdown, Malaysia Gratiskan Biaya Akses Internet
Mulailah Berbisnis di Internet Dengan Cara Ini
Mana Aplikasi yang Lebih Irit untuk Meeting Online Saat WFH?, Ini Grafiknya
Aplikasi-aplikasi Ini Semakin Populer Saat WFH Diberlakukan


Hal-hal seperti lemotnya jaringan internet bisa membuat kita menjadi berang, untuk itu ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar koneksi internet yang kita gunakan kembali lancar seperti semula. Berikut caranya:

1. Gunakan Block Ads

Iklan bisa menjadi salah satu penyebab lemotnya internet yang kita gunakan, iklan pada internet menjadi penyebab karena memakan data lebih banyak hanya untuk mengakomodasi iklan. Untuk itu disarankan untuk menggunakan AdsBlocker, beberapa browsing seperti Opera dan UC telah membekali fitur ini pada browsernya.

2. Airplane Mode

Airplane mode bisa menjadi salah satu cara untuk membuat koneksi internet menjadi cepat, fitur ini berfungsi untuk mengulang koneksi internet ke jaringan operator.

3. Hapus Cache

Cache yang dibiarkan menumpuk bisa membuat performa HP menjadi berkurang, karena cache menggunakan penyimpanan internal yang memiliki efek memperngaruhi koneksi pada internet. Kita bisa menghapus cahce dengan cara settings - aplikasi - pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya - clear cache.

4. Optimasi Wifi dengan Power Cycling Router

Caranya sangat meudah, kita hanya perlu mematikan router wifi dan menunggu 10 detik, setelah itu silakan dinyalakan kembali. Saat kembali menyala, kecepatan dari internet akan kembali seperti semula.

5. Limitasi Bandwidth

Terkadang provider melakukan pembatasan bandwidth, untuk itu kita bisa mengatasinya dengan mengatur limitnya. Hal ini bisa dilakukan secara manual misalnya dengan membatasi kecepatan download dan update pada malam hari. Bisa juga mengaktifkan QoS (Quality of Service) yang ada pada control panel router. Fitur ini biasanya untuk mencegah orang lain untuk melakukan download pada waktu tertentu dan hanya bisa melakukan download pada waktu yang telah ditentukan.

6. Cek Pengaturan Jaringan

Kita bisa mengubah jaringan kita menjadi 4G, jika daerah sudah mendukung sinyal 4G. Hal ini bisa dilakukan dengan menu setting dan mobile network setting pada jaringan HP.

7. Gunakan VPN

VPN bisa digunakan saat terjadi pelambatan pada internet di traffic tertentu. VPN bisa menjadi solusi berkat berubahnya alamat IP yang bisa mempercepat koneksi internet, tentu asal terhubung dengan IP yang tepat.

Ini cara-cara dalam mempercepat jaringan internet, semoga membantu!

Sumber: detikINET | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


Twitter Update

Netizen Geram Karena Ada Perusuh di AS Bertato Indonesia https://t.co/CEJ4ov0NL0
Sehari Penerapan New Normal, Supir Bus di Majalengka Terkonfirmasi Positif Covid-19 https://t.co/Q9D8a0T6LX
Puluhan Warga Purwadadi Ikuti Rapid Test, Dan Inilah Hasilnya https://t.co/YIWG1uq8Q6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter