FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

OPINI: Identitas Nasional Sebagai Karakteristik Bangsa

Koenta Wibisono (2005) Identitas Nasional merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang pada aspek kehidupan sebuah bangsa (nasion) dengan ciri khasnya yang membuat berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya.

Kata identitas memiliki arti ciri-ciri, tanda-tanda, atau jati diri yang ada pada diri seseorang yang merupakan pembeda dari yang lain. Contohnya bendera Indonesia dengan bendera negara lain berbeda, dan lagu kebangsaan tentu juga berbeda dengan kebangsaan lain.

Kata nasional memiliki arti identitas atau ciri-ciri yang melekat pada kelompok yang diikat kesamaanya, seperti budaya, bahasa, dan agama. Oleh karena itu identitas nasional dapat menjadi ciri khas bangsa yang akan membedakan dengan bangsa lainnya.

Identitas nasional Indonesia terbentuk oleh beberapa unsur, diantaranya fisik dan juga non fisik. Bangsa Indonesia disebut juga bangsa yang majemuk. Kemajemukan bangsa Indonesia yaitu menganut pada bhineka tunggal ika yang ditandai dengan lima simbol yang ada di burung garuda dan yang mewakili sila-sila pada Pancasila.

Kemajemukan adalah perpaduan dari berbagai macam unsur yang menjadi inti identitas Indonesia, yang mana unsur tersebut, yang pertama, suku bangsa, suku bangsa adalah golongan manusia yang memiliki ciri khas yang sama atau berdasarkan garis keturunan. Di Indonesia terdapat beragam suku bangsa. Diantara suku bangsa yang ada di Indonesia salah satunya, suku serawai dari Bengkulu, suku baduy dari Banten, suku madura dari Jawa Timur dan lain-lain.

Yang kedua, agama, agama adalah suatu kepercayaan yang diyakini oleh manusia sebagai pedoman hidup. Bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis, yang dimana dengan keragaman agama masyarakat dapat hidup rukun dan damai. Agama yang ada di Indonesia terdiri dari Islam, Budha, Hindu, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Kong Hu Cu.

Yang Ketiga, kebudayaan, budaya merupakan hal-hal yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Kebudayaan itu sendiri adalah pengetahuan manusia yang digunakan sebagai makhluk sosial dalam memahami lingkungan dan suatu kebiasaan yang dimiliki manusia yang secara tidak langsung akan turun temurun. Kebudayaan juga memiliki fungsi penting dalam kehidupan masyarakat yaitu sebagai wadah penyatu masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Keempat, (Bahasa). Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan manusia untuk mencapai tujuannya. Bahasa memiliki unsur yang dapat dirumuskan oleh identitas nasional Indonesia yang terdiri dari Identitas Fundamental, Identitas Instrumental, Identitas Alamiah.

Setiap bangsa dan negara memiliki identitasnya tersendiri, bangsa Indonesia memiliki identitasnya yaitu, identitas yang bersumber dari nilai luhur Pancasila yang aktualisasinya tercermin dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Identitas nasional Indonesia meliputi apa yang dimiliki bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa lain, meliputi Bahasa kesatuan, Lambang negara, Lagu kebangsaan (Indonesia Raya) dan letak geografis.

Indonesia memiliki identitas nasional yang identik untuk dijadikan kekayaan yang sangat istimewa, dimana kerukunan tercipta dalam kehidupan masyarakatnya. Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah yang mana bisa di manfaatkan oleh masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Bangsa Indonesia menganut wawasan yang berlandaskan Pancasila.

Oleh karena itu, identitas nasional ini berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh. Identitas nasional ini menunjukan karakteristik suatu bangsa yang mengimplementasikan identitas tersebut untuk mencakup kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Implementasi ini dibuat dengan sederhana yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan nilai-nilai Pancasila, dan menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia.

Gita Nur Pitri, Penulis adalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Nama Ayus, Nisa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Sempat 0 Penambahan, Kasus Covid-19 di Subang Melesat Lagi https://t.co/wNXmHWJCVE
Nama Ayus, Nissa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter