FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

OPINI: Refleksi & Proyeksi Diri 2021

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - SUKSES dan gagal merupakan hal yang biasa terjadi dalam perjalanan manusia. Tak selamanya manusia mengalami kesuksesan dalam perjalanan sejarahnya, dan tak selamanya juga ia mengalami kegagalan.

Jika suatu bangsa atau ummat terus menerus menang, maka kita tidak akan pernah menyaksikan terjadinya pergantian kepemimpinan bangsa-bangsa di dalam sejarah. Dan kalau sebuah ummat atau bangsa terus menerus kalah, maka sudah tentu ia tidak akan mampu muncul sebagai sebuah ummat, karena ia telah kalah dan hancur sejak awal kelahirannya. Terjadinya pergantian menang dan kalah, sukses dan gagal ini telah diisyaratkan di dalam al-Qur’an:

وَتِلْكَ الأيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللّهُ الَّذِينَ آمَنُواْ وَيَتَّخِذَ مِنكُمْ شُهَدَاء وَاللّهُ لاَ يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

“Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran), dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) supaya sebagian kamu dijadikan-Nya syuhada’ (saksi). Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.” (QS ali Imron (3): 140)

Silih bergantinya sukses dan gagal semestinya menjadi pelajaran berharga bagi manusia atau suatu ummat atau bangsa.

Kesuksesan tidak semestinya menjadikan mereka sombong, lupa diri, dan hilang kewaspadaan. Walaupun kesuksesan itu menggembirakan, tidak tertutup kemungkinan suatu saat ia akan berbalik menjadi kegagalan.

Demikian juga, kegagalan tidak semestinya menjadikan manusia atau suatu ummat lemah atau kehilangan optimisme. Karena boleh jadi, kekalahan itu suatu saat akan berganti menjadi kesuksesan. Yang penting adalah bagaimana menjadikan kegagalan itu sebagai tantangan untuk bangkit kembali dan akhirnya sukses.

Syarat Kesuksesan dan Kegalalan

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sukses Jadi Petani Muda, Adi Priatna: Ada Doa Hebat Ibu di Belakang Saya https://t.co/hyOTnuZUVe
Xiaomi Bantah Tudingan Pemerintah AS, Xiaomi Bukan Perusahaan Militer China https://t.co/kVkZPy4E3w
Bupati Subang: Bulan Ini Ada Rotasi Mutasi Jabatan! https://t.co/yLfbeN4BKG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter