FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

OPINI: Menerapkan Bahasa Inggris Sejak Dini, Pentingkah?

Indeks Artikel

Pendidikan merupakan fondasi bagi kelangsungan hidup suatu Bangsa dan Negara, karena kualitas suatu bangsa, dinilai dari kualitas pendidikannya itu sendiri. Pendidikan juga merupakan salah satu kebutuhan manusia, dengan maksud untuk menggali potensi yang ada di dalam diri manusia, dengan adanya pendidikan juga, manusia akan selalu mampu untuk berkembang mengikuti arus zaman. Di Negara Indonesia, peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan, misalnya saja, bentuk kurikulum yang terus menerus mengalami upgrade.

Kurikulum yang sekarang tengah diterapkan adalah kurikulum 2013. Di kurikulum 2013 ini, beberapa Sekolah Dasar meniadakan pelajaran bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib, walaupun tidak menutup kemungkinan, bahasa Inggris ini dijadikan sebagai pelajaran tambahan. Misalnya saja, di SDN Pusakanagara 1 (Kabupaten Subang) yang meniadakan pelajaran bahasa Inggris di kurikulum ini, namun masih menyelipkan beberapa materi bahasa Inggris di kegiatan belajar mengajar.

OPINI LAINNYA:

OPINI: Pembelajaran Inovatif untuk Mewujudkan Merdeka Belajar

OPINI: Orientasi Pembelajaran di Masa Pandemi

OPINI: Dampak Covid-19 Terhadap Perkembangan Belajar Anak

Ada beberapa alasan mengapa kurikulum 2013 ditiadakan, salah satunya adalah, pembelajaran bahasa Inggris dinilai kurang efektif untuk diajarkan di Sekolah Dasar, mengingat bobot mata pelajaran lain pun nampak semakin berat di kurikulum 2013. Namun, apakah mempelajari bahasa Inggris sejak dini masih diperlukan? Tentu saja, iya. Mengapa?

Karena, seperti yang kita ketahui, anak-anak memiliki masa yang disebut golden age, yaitu di range usia 6-12 tahun. Otak mereka masih terbilang fresh, sehingga akan sangat mudah untuk mempelajari sesuatu dan mempunyai daya tangkap yang cenderung lebih cepat. Apalagi jika belajar suatu bahasa, yang digunakan untuk sarana komunikasi.

Selain daya tangkap, daya ingat anak-anak pun masih tinggi, sehingga masih sangat mudah untuk menyerap sebuah pembelajaran dan mengingatnya dalam waktu yang lama. Walaupun pelajaran bahasa Inggris terbilang pelajaran yang cukup sulit, karena, mungkin, beberapa anak kurang ‘familiar’ dengan kosa kata yang ada di bahasa Inggris, sehingga cenderung tak terlalu mudah untuk mengingatnya, namun apabila mengajarkan bahasa Inggris sejak dini, atau setidaknya dimulai dari Sekolah Dasar, tentu anak-anak akan semakin terbiasa dengan kosa kata bahasa Inggris, sehingga bobotnya akan semakin mudah untuk mereka.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Penunjukan Asep Nurani Sebagai Plh Sekda Subang Disorot Netizen https://t.co/UgMsOnvGMx
Ini Penjelasan Tentang 'Efikasi Vaksin Sinovac' Menurut Para Ahli https://t.co/dubGhgftVS
Sukses Jadi Petani Muda, Adi Priatna: Ada Doa Hebat Ibu di Belakang Saya https://t.co/hyOTnuZUVe
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter