FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

OPINI: Batik Sebagai Kekayaan Indonesia

Indeks Artikel

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya dan tradisi serta memiliki pemandangan alam yang indah. Banyak sekali budaya Indonesia yang sudah dikenal banyak orang bahkan diketahui sampai mancanegara. Salah satunya yaitu budaya berpakaian yang identik dengan Indonesia adalah kain batik.

Batik berasal dari bahasa Jawa ambhatik, dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain; dan titik atau matik yang artinya menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar. Kemudian berkembang menjadi batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang lebar. Batik juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan membuat titik-titik tertentu pada kain mori. Dalam bahasa Jawa, batik ditulis dengan bathik, mengacu pada huruf Jawa (tha) yang menunjukan bahwa batik adalah rangkaian dari titik-titik yang membentuk gambaran tertentu.

Batik merupakan kain yang bercorak hasil ekspresi dari para seniman yang memiliki filosofis setiap corak dan warnanya. Pada awalnya batik hanya terdapat pada pakaian yang digunakan oleh para orang tua untuk penyambutan tamu. Namun semakin berkembangnya zaman batik tidak hanya digunakan pada pakaian saja melainkan sudah banyak hal seperti interior yang menggunakan batik sebagai desainnya. Selain itu, dalam pakaian pun tidak hanya digunakan pada saat penyambutan tamu saja, kini batik sudah banyak digunakan pada acara-acara lain dan dikemas dengan semakin modern yang banyak digemari berbagai kalangan.

Banyak sekali motif dan warna batik dengan masing-masing filosofis. Setiap daerah bahkan memiliki ciri khas atau motif batik yang berbeda-beda. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita bangga terhadap budaya kita yang salah satunya batik ini. Cara kita menunjukkan kebanggaan akan adanya batik yaitu bisa dengan menggunakannya. Karena secara tidak langsung kita sudah berusaha mempertahankan kebudayaan Indonesia. Jika hal tersebut dilakukan artinya kita menghargai dan mencintai tanah air kita Indonesia. Hal ini biasa disebut dengan nasionalisme dan nasionalisme itu harus tumbuh di setiap jiwa warga negara Indonesia.

OPINI LAINNYA:

OPINI: Membumikan Kembali Bhineka Tunggal Ika

OPINI: Menemukan Identitas Bangsa di Tengah Keberagaman

OPINI: Pentingnya Pengawasan Gadget di Masa Pandemi


Pada 2 Oktober 2009 batik mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai warisan dunia yang dimiliki Indonesia dan berlaku sejak Badan PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan atau UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity).

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sejumlah Bukti Kuat Dalam Video Syur Mirip Gisel Terungkap https://t.co/DEHc6OUHgh
PGRI Karawang Minta Guru Bangun Semangat Belajar Dalam Situasi Apapun https://t.co/SL7mRVxcVK
Polres Majalengka Reward Penggali Kubur Jenazah Covid 19 https://t.co/wyLFiTjRvN
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter