FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

OPINI: Membumikan Kembali Bhineka Tunggal Ika

Indeks Artikel

Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak keanekaragaman. Dari sabang sampai merauke Indonesia terkenal akan keanekaragamannya, mulai dari ras, suku, budaya, agama, etnis, bahasa, bahkan ekonominya-pun berbeda-beda tergantung pada ketersediaan sumber daya alam yang diberikan oleh setiap wilayahnya.

Namun hal itu tidak menjadikan bangsa Indonesia menjadi negara yang terpecah belah karena banyaknya akan perbedaan. Meskipun setiap suku memiliki adat istiadat yang berbeda-beda, penggunaan bahasa di setiap daerah yang berbeda-beda, agama yang di anut setiap orang-pun berbeda-beda, hal itu tidak membuat lunturnya semangat persatuan pada masyarakat Indonesia, karena yang membuat Indonesia menjadi negara yang satu-kesatuan adalah dengan adanya Bhinneka Tunggal Ika.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara yang sudah diterapkan oleh masyarakat Indonesia secara turun menurun. Bahkan kalimat “Bhinneka Tunggal Ika” tercantum pada lambang negara Garuda Pancasila. Jika diartikan per kata, pada kata bhinneka berarti “beraneka ragam”, kata tunggal berarti “satu”, dan kata ika yang berarti “itu”. Secara harfiah jika disatukan maka Bhinneka Tunggal Ika berarti beraneka ragam tetapi tetap satu jua.

OPINI LAINNYA:

OPINI: Menemukan Identitas Bangsa di Tengah Keberagaman

OPINI: Pentingnya Pengawasan Gadget di Masa Pandemi

OPINI: Generasi Muda di Ambang Krisis Identitas Nasional



Bhinneka Tunggal Ika sangat berperan penting dalam menjaga kesatuan Republik Indonesia. Perbedaan yang ada bukanlah menjadi satu hal yang dapat memecah belah persatuan karena dengan adanya Bhinneka Tunggal Ika diharapkan masyarakat dapat menjaga persatuan dan kesatuan warganya. Selain itu Bhinneka Tunggal Ika juga sangat berperan untuk membentuk pola pikir, sikap dan tindakan yang akan dilakukan oleh masyarakat Indonesia, dimana masyarakat Indonesia diharapkan lebih mendahulukan kepentingan nasional daripada kepentingan individu maupun kelompok. Peran lain yang tak kalah penting dari Bhinneka Tunggal Ika yaitu menciptakan keadilan di berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat Indonesia. Meskipun banyak perbedaan yang ada pada masyarakat Indonesia itu tidak berarti bahwa setiap orang dapat dibeda-bedakan berdasarkan ras, agama, suku, kelompok, dll. Karena pada hakikatnya semua manusia itu memiliki hak dan kewajiban yang sama. Maka dari itu Indonesia sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, dimana setiap warga negara Indonesia berhak untuk menentukan pilihannya misalnya seperti menentukan agama dan kepercayaannya masing-masing.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Nakes RSUD Ciereng Subang Positif Covid, Dicurigai dari Pasien dan Hajatan https://t.co/rhytNAFZPN
Laka Beruntun, 9 Orang Tewas di Tol Cipali Subang https://t.co/CoTk1DS2DU
Puluhan Nakes Positif, Seluruh Poli Rawat Jalan RSUD Ciereng Subang Tutup Sementara https://t.co/csl0HroVFY
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter