FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

OPINI: Menemukan Identitas Bangsa di Tengah Keberagaman

Indeks Artikel

Identitas nasional merupakan nilai-nilai kebudayaan yang tumbuh dan berkembang dalam suatu negara dan menjadi identitas negara tersebut. Identitas nasional menjadi jati diri yang akan membedakannya dengan negara lain.

Nilai-nilai budaya yang menjadi identitas suatu negara tumbuh dan berkembang dalam kegiatan sehari-hari yang menjadi kebiasaan masyarakatnya tanpa disadari. Identidas nasional sangatlah penting. Saat jati diri atau ciri khas bangsa mulai pudar akan terjadi perubahan tatanan kehidupan. Bhinneka tunggal ika, itulah Indonesia. Indonesia yang berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Masyakat Indonesia dengan segala keberagamannya. Beragam agamanya, beragam suku bangsanya, beragam bahasanya, beragam warna kulitnya, beragam tinggi badannya, dan keberagaman lainnya. Keberagaman itulah yang menjadi jati diri atau ciri khas bangsa Indonesia.

BERITA LAINNYA:

OPINI: Pentingnya Pengawasan Gadget di Masa Pandemi

OPINI: Generasi Muda di Ambang Krisis Identitas Nasional

OPINI: Sumpah Pemuda dan Kesantunan Berbahasa Kita

Dalam perbedaan itu kita harus tetap bersatu dan saling menghormati satu sama lain, tanpa membeda-bedakan. Indonesia dapat meraih kemerdekaannya saat menyadari pentingnya persatuan dan pentingnya bekerja sama satu sama lain tanpa melihat fisik, agama, atau latar belakang kehidupannya. Saat ini banyak anak muda Indonesia yang sudah terbawa arus globalisasi. Mengikuti budaya barat dan mulai melupakan identitas negara. Budaya barat yang mengajarkan nilai-nilai individualisme.

Berkurangnya rasa nasionalisme pada diri remaja. Budaya barat yang mengutamakan kebebasan sejatinya tidaklah cocok dengan bangsa Indonesia yang lebih menganut budaya timur sejak dulu. Cara berpakaian dan berdandan yang menyerupai bangsa barat, seperti pakaian yang minim dan rambut yang dicat warna-warni mungkin akan terlihat asing bagi orang tua di Indonesia. Itu akan menimbulkan ketidak sepahaman antara kaum muda dan orang tua.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Nakes RSUD Ciereng Subang Positif Covid, Dicurigai dari Pasien dan Hajatan https://t.co/rhytNAFZPN
Laka Beruntun, 9 Orang Tewas di Tol Cipali Subang https://t.co/CoTk1DS2DU
Puluhan Nakes Positif, Seluruh Poli Rawat Jalan RSUD Ciereng Subang Tutup Sementara https://t.co/csl0HroVFY
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter