FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

OPINI: Kunci Ketenangan ada Pada Doa

Indeks Artikel

Pagi ini setelah subuh berjama'ah di kamar saya membaca doa dan zikir harian. Belakangan ini berdasarkan nasihat dokter saya diminta untuk coba pendekatan agama sebagai solusi menghadapi tantangan hidup dan kekhawatiran berlebihan atas pandemi virus Corona.

Setelah baca doa dan zikir tersebut, saya jadi ingat suatu hal di masa kecilku, yakni kesenangan membeli buku Islam dan membacanya sepenuh hati yang berbahagia. Waktu kecil saya senang beli buku doa-doa yang dilengkapi dengan khasiatnya. Buku komik Islam terbitan Surabaya juga saya baca. Bahkan saat di tingkat sarjana, saya juga masih baca buku tersebut yang saya beli di toko buku tak jauh dari langganan saya makan coto Makassar di Jalan Urip Sumoharjo.

Setelah baca buku doa dan komik Islam itu saya kemudian mulai menjalankan salat sendirian. Ayah dan ibuku adalah pedagang yang sangat bekerja keras untuk nafkah keluarga. Di pantai, keluargaku berniaga berbagai kebutuhan sembako warga sekitar dan orang jauh dari pulau-pulau. Sering juga mereka belanja jam 4 subuh, karena di jam itu setelah belanja mereka pulang ke pulaunya dalam kondisi laut yang tidak bergelombang.

Ketika saya mulai kenal dan suka buku-buku umum, pikiran saya mulai mencoba menjauh dari doa. Saya tetap salat lima waktu, tapi saya selalu terpaut hati pada doa. Hingga saat ini saya pernah bermimpi bertemu dengan semua orang nomor satu di Indonesia. Entah itu dampak dari bacaan atau karena semangat sebagai pemuda yang ingin berkontribusi untuk bangsa yang salah satu hal pentingnya adalah harus kenal pemimpin tertinggi di komunitas atau bangsa.

Saya mewarisi intuisi dari ayah saya, sekaligus kekuatan jiwa dari ibu saya. Ayahku lelaki yang tidak cerita tapi dia suka melihat makna, mungkin juga visi. Dia pernah melihat setan berbentuk manusia, dan saya juga pernah lihat hal serupa sepulang mengaji di TPA Al-Badru, beberapa rumah di samping Masjid Raya Tobelo, sekira jam 24-an. Sosok bermata merah itu berdiri saja di bawah lampu rumah di sudut jalan menuju rumah tetangga.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Fakta atau Mitos: Vagina Bisa Longgar Karena Kebanyakan Berhubungan Seks https://t.co/SSQ5KdIWPn
Indramayu Kini Miliki Laboratorium Untuk Uji Swab Sendiri https://t.co/b4LNu69r8x
Polres Majalengka Ungkap Kasus Pencurian Kendaraan Roda Empat https://t.co/HTphRRrJNX
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter