FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Untuk Penyuluh Pertanian Lapangan, Pentingnya Mendidik Diri

Tadi pagi jam 6.30 an saya kedatangan tamu PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan). Saya bahagia sekali. Jadi ingat tahun 1984 profesi Penyuluh Pertanian begitu dikagumi/dibanggakan karena tugasnya mulia.  di Kampung saya Curah Jati Banyuwangi sana. Sering ada klompencapir diadakan di rumah orang tua saya.

Sehingga terasa begitu dekat jiwa saya dengan Insan PPL. Pendidik sejati masyarakat pedesaan. Spontan ingat juga berulang kali saya jadi narasumber bimtek yang pesertanya total PPL. Tadi semuanya sangat antusias. Beda sangat dibanding saat acara bimtek hampir 80% morilnya rendah, dismotivasi.

Kami diskusi panjang lebar. Begitu menyenangkan karena semua mereka bertiga selain tupoksinya jalan sebagai penyuluh, juga sebagai praktisi (petani sekaligus peternak terintegrasj) sukses juga. Mimpi mereka bagus sekali, kelak akan datang menyuluh masyarakat dengan pola pikir, pola tutur dan pola tindak beda dari lainnya. Antusias. Harus beda, ujarnya.

Beda karena banyak menebar ilmu teori dan  ilmu hikmah dari pengalamannya jadi praktisi. Karena keteladanan nyata yang diberikan. Siap mendidik diri, membekali diri dari rangkaian pengalaman jatuh bangunnya berusaha. Untuk bekal mendidik masyarakat luas agar NTP (nilai tukar petani) naik tajam.

Terbayang oleh mereka. Saatnya nanti datang ke sawah masyarakat sekaligus dekat sawahnya sendiri yang bernuansa inovatif dan datang ke kandang ternak milik masyarakat sekaligus ke kandang ternaknya sendiri. Yang mestinya limbah jadi beban mudarat berubah total jadi manfaat menambah nilai laba. Dengan memakai fasilitas simbul - simbul kesuksesannya. Mobil Jeep Rubicon misalnya, itu mimpi mereka tadi.

Dalam hati saya, membanggakan sekali, jika melihat petugas yang penuh keteladanan nyata seperti itu. Maka akan begitu mudahnya masyarakat latah ikut sukses. Jauh dari tindakan yang mencari harta dengan cara tidak terhormat. Sukseslah PPL ku. Doaku di nadimu.*


Salam
Wayan Supadno
Pak Tani


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Subang Terima Penghargaan Sebagai Sahabat Anak dari Kak Seto https://t.co/2C1UWcfQB5
Kasus Covid-19 Bertambah, Subang Turun Level dengan Status Zona Hijau https://t.co/fNwbFlfRjP
Undang Dua Dinas, Bupati Bicara Soal Peluang Pengembangan Industri di Subang https://t.co/qpA3EhoUGq
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter