FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

[OPINI] Virus Korona dan Nasib Pendidikan Anak

Wabah virus Corona saat ini penyebarannya cepat sekali hampir di setiap negara di dunia terkena imbasnya tanpa memandang bulu kepada siapa pun. Sejumlah pemerintah daerah telah mengumumkan untuk melock down masyarakatnya dengan membatasi kegiatan apapun.

Pendidikan dan pengajaran di Indonesia hari ini khususnya di majalengka belajar di rumah, kaitan dengan kegiatan KBM di kelas sementara waktu ditutup dalam waktu sekitar 14 hari atau melihat perkembangan selanjutnya karena sedang siaga darurat Corona, ruang gerak warga dibatasi untuk menangkal virus tersebut.

Virus Covid-19 memanglah suatu virus yang baru, namun hal itu sejatinya bukanlah sesuatu hal yang menakutkan bagi orang yang beriman dan orang yang berilmu, Allah mengingatkan kita dalam firman-Nya dalam Qur’an Surat Thaha Ayat 21  Allah berfirman: "Peganglah ia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula".

OPINI LAINNYA:

[OPINI] Isolasi Diri: Mencegah Korona, Mencetak Karya

(OPINI) Menyikapi Pandemi Virus Korona

(OPINI) Teologi Corona Virus

Ketika Musa menyaksikan pemandangan yang sangat mengerikan itu, ia lari tanpa  menoleh ke belakang. Musa pergi jauh hingga ia merasa bahwa ular itu tidak akan mengejarnya. Musa ingat kepada Tuhannya, maka ia berdiri dengan rasa malu kepada-Nya. Kemudian ia diseru:

"Hai Musa, kembalilah kamu ke tempat semula, maka kembalilah Musa dengan hati yang masih dipenuhi oleh rasa takut. Lalu dikatakan kepadanya: dan jangan takut. Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula. (Thaha: 21)

Saat itu Musa memakai baju lapis yang terbuat dari kain wol (bulu). Maka tatkala ia diperintahkan untuk memegang ular itu, ia melilitkan baju wolnya itu ke tangannya, tetapi malaikat berkata kepadanya:

"Hai Musa, bagaimanakah menurutmu jika Allah mengizinkan terjadinya hal yang kamu hindari itu, apakah kain bajumu itu dapat memberikan sesuatu manfaat kepadamu?"

Musa menjawab,
"Tentu tidak, tetapi saya adalah makhluk yang lemah dan diciptakan dari sesuatu yang lemah."

Akhirnya Musa melepaskan bajunya dari tangannya dan meletakkan tangannya ke mulut ular itu sehingga ia mendengar desisan yang keluar dari mulut ular dan merasa taring yang dipegangnya. Tiba-tiba dengan serta-merta ular itu menjadi tongkat seperti keadaan semula.

Dan tiba-tiba tangannya berada pada posisi semula sewaktu ia memegangkan tangannya pada tongkatnya, yaitu pada kedua cabangnya. Karena itulah disebutkan oleh firman-Nya: Peganglah ia. (Thaha: 21) Yakni dengan tangan kananmu.

Hal tersebut merupakan suatu jawaban atas apa yang terjadi pada tahun ini, komposisi yang terkandung di dalam ayat tersebut hampir semuanya berbentuk fi’il amr dan fi’il madhi, artinya hal tersebut masih relevan di zaman ini, ketika ada hal yang mengerikan jangan takut dan ingatlah Allah, mengisolasi diri bukan berarti semua aktivitas kita berhenti melainkan sejauh mana kita mampu mengoptimalisasi peranan teknologi.

E-Learning Solusi Kegiatan Belajar Mengajar dalam keadaan apapun

Pendidikan pada era indrustri 4.0 tidak harus bertatap muka karena guru pada saat ini bukan salah satu sumber  pengetahuan, namun guru saat ini bisa sebagai fasilitator. Guru juga bisa memberikan materi dan memantau perkembangan peserta didik melalui jarak jauh dengan menggunakan media pembelajaran elektronik/digital saat ini.

Pembelajaran menggunakan media elektronik saat ini dikenal dengan istilah e-learning, manfaat dari e-learning bagi siswa adalah belajar itu tidak mesti didalam kelas saja namun bisa dilakukan dimanapun, kapanpun tanpa dibatasi ruang dan waktu.

untuk pencarian aplikasi e-learning banyak sekali di dapat melalui geogle searching atau geogle playstore dengan pencarian kata kunci yang mudah dicari, namun bagi penulis sendiri Geogle Classroom sangat mudah sekali di gunakan karena didalamnya terdapat fasilitas pengumuman, topik, tugas dan materi pembelajaran juga sangat simpel dalam penggunaannya. Siswa dapat dengan mudah mempelajari materi yang diberikan guru, serta dapat mengerjakan tugas dari guru dan menyerahkannya lewat online.

Nuruddin Araniri, M.Pd.I, Dosen di Universitas Majalengka


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-Mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.




TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Catat Girls!, Kata-kata Ini Tidak Mau Didengar Pria dari Pacarnya https://t.co/ALbh4FA7X7
Jelang Idul Adha, Mentan Kunjungi Peternak di Purwadadi Subang https://t.co/XU7exO4wy9
Satu Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Subang Meninggal Dunia https://t.co/BkQGdlP9ts
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter