FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Inilah Sembilan Amalan Sunah Idul Adha sesuai Anjuran Rasulullah

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Idul Adha merupakan hari besar Islam yang diperingati satu tahun sekali dan dirayakan oleh seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia.

Di Indonesia, Idul Adha memiliki istilah lain yaitu Lebaran haji karena momennya memang bersamaan dengan pelaksanaan ibadah haji.

Untuk menyempurnakannya, ada sejumlah amalan sunnah Idul Adha yang dianjurkan Rasulullah, seperti dikutip dari NU Online:


BERITA LAINNYA;
Inilah Hikmah dan Keutamaan Berqurban di Hari Raya Idul Adha
SE Bupati Subang: Takbiran dan Sholat Idul Adha di Rumah
Masih PPKM Darurat, Menag Minta Takbiran dan Sholat Idul Adha di Rumah

1. Puasa Arafah
Umat Islam dapat melaksanakan puasa Arafah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah untuk menyambut Idul Adha.

Ketentuan tersebut seperti dalam sebuah hadis, 'Puasa Arafah bisa mengikis dosa setahun yang lalu serta sepuluh tahun yang akan datang' (HR Muslim).

2. Puasa Tarwiyah
Puasa lainnya yaitu tarwiyah yang dilaksanakan pada pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah untuk menyambut Idul Adha.

Puasa tarwiyah ini termasuk yang disukai Allah dan amalannya dapat menghapus dosa selama satu tahun.

3. Mengumandangkan Takbir
Amalan pertama yang bisa dilakukan yaitu mengumandangkan takbir di masjid atau rumah, mulai dari terbenamnya matahari, sampai imam naik mimbar untuk khutbah Idul Adha.

Sebagian ulama serta ahli fiqih menganjurkan untuk salat Maghrib, Isya, sampai Subuh berjamaah.






4. Mandi sebelum Salat Id
Amalan sunnah Idul Adha berikutnya yaitu wajib mandi sebelum melaksanakan salat Id untuk membersihkan tubuh dari hadas kecil dan hadas besar.

Sunnah mandi wajib ini berlaku untuk perempuan dan laki-laki, baik yang akan salat Id atau perempuan dengan udzur syar'i atau berhalangan.

5. Memakai Wewangian
Memakai wewangian, memotong kuku, memotong rambut untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh, termasuk kesunahan Idul Adha.

Melakukan hal-hal tersebut bisa kapan saja, seperti saat hendak melaksanakan salat Jumat, mengutip kitab Al-Majmu' Syahrul Muhadzdzab.

6. Berpakaian Bersih dan Sopan
Dalam kitab Raudlatut Thalibin dijelaskan, khusus bagi laki-laki disunahkan memakai pakaian yang paling baik dan lebih utama warna putih.

Jika hanya memiliki satu pakaian, maka tidak mengapa boleh ia memakainya. Untuk perempuan, cukuplah ia memakai pakaian sebagaimana sehari-hari janganlah ia berlebihan.

7. Pergi ke Masjid
Sebagaimana sabda Nabi SAW riwayat dari Ibnu Umar, 'Rasulullah SAW berangkat untuk melaksanakan salat Id dengan berjalan kaki, begitupun ketika pulang dari tempat salat'.

Selain itu, sebisa mungkin datang lebih awal supaya mendapat saf barisan depan sambil mengumandangkan takbir.

Akan tetapi, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi maka pelaksanaan peribadatan di tempat ibadah termasuk Idul Adha ditiadakan sementara, khususnya di wilayah PPKM Darurat.


REKOMENDASI;
Beredar Ajakan Setop Upload Berita Covid-19 di Subang, Ini Kata Wartawan dan Ahli
Jelang Idul Adha, Penambahan Kasus Covid-19 di Subang Masih Tinggi
Pemkab Purwakarta Akan Sediakan Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19




Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut pelaksanaan salat Idul Adha hingga penyembelihan hewan kurban akan diatur dan dibatasi.

"Jadi, saat kebijakan diberlakukan kegiatan peribadatan di wilayah yang menerapkan PPKM Darurat, dilakukan di rumah masing-masing," kata Yaqut dalam keterangan dari laman resmi Kemenag.

8. Makan Setelah selesai Salat Id
Kalau Idulfitri mengharuskan untuk makan terlebih dulu sebelum salat, maka Idul Adha sebaliknya yaitu harus berpuasa terlebih dulu.

Diriwayatkan dari Sahabat Buraidah RA, 'bahwa Nabi SAW tidak keluar pada Hari Raya Idulfitri sampai beliau makan, dan pada Hari Raya Idul Adha hingga beliau kembali ke rumah'.

9. Melaksanakan Kurban
Kurban dilaksanakan pada hari tasyrik bulan Dzulhijah yaitu tepatnya di Hari Raya Idul Adha. Sunnah Idul Adha untuk berkurban ada dalam hadis Imam Bukhori dan Imam Muslim;

'Rasulullah beribadah kurban 2 ekor domba warna putih bersih dan bertanduk bagus. Aku melihat Rasul meletakkan kakinya ke atas sisi tanduk (kanan) hewan kurban itu sambil menyebut nama Allah dan bertakbir. Rasulullah menyembelih kedua hewan kurban itu dengan tangannya sendiri'.


Sumber: CNNIndonesia

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bripda Randy yang Perkosa Novia Widyasari Akhirnya Dipecat Secara Tidak Hormat https://t.co/cOtVD4TOnu
BNPB Sebut 14 Orang Meninggal Dunia dan 56 Luka Akibat Erupsi Gunung Semeru https://t.co/hKVt1pU8wG
Tahukan Kamu, Sebenernya Temanmu Suka Padamu, Ini Tanda-Tandanya https://t.co/JfWtYJCJ5y
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter