FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Inilah Hikmah dan Keutamaan Berqurban di Hari Raya Idul Adha

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Hari Raya Idul Adha sudah di depan mata. Momentum Hari Raya Idul Adha ini biasanya ditandai dengan memotong hewan qurban

Memotong ehwan qurban ini dimulai dari Nabi Ibrahim AS. Dalam kisahnya, Nabi Ibrahim kala itu mendapat wahyu melalui mimpi untuk menyembelih anaknya yang tak lain adalah Nabi Ismail. Namun, kemudian Allah menggantikan Ismail dengan seekor kambing. Sejak saat itu, qurban menjadi salah satu ibadah rutin sebagai bentuk pengorbanan umat Islam akan kecintaannya kepada Allah SWT.

Menyembelih hewan qurban hukumnya adalah sunnah muakkad, artinya adalah ibadah yang dianjurkan dengan penekanan kuat atau hampir mendekati wajib. Hal ini tentunya dilakukan oleh umat Islam yang telah mampu dan memenuhi syarat sahnya. Allah SWT tidak memaksakan umatnya jika belum sanggup atau belum memiliki syarat untuk bisa memenuhinya.


BERITA LAINNYA:
SE Bupati Subang: Takbiran dan Sholat Idul Adha di Rumah
Cara Aman Berqurban Tanpa Harus Berkerumunan di Tengah Pandemi Covid-19
Ini Panduan Ibadah Sholat Idul Adha dan Qurban di Tengah Pandemi Covid-19




Dilansir dari NU Online, hewan-hewan yang bisa dijadikan hewan qurban adalah hewan ternak seperti kambing atau domba, sapi, dan unta. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam Alquran surat Al-Hajj ayat 34:

"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka."

Bagi umat Islam yang telah menjalankan ibadah qurban tentu akan mendapatkan pahala yang melimpah. Selain itu, berqurban Idul Adha juga memiliki keutamaan dan hikmah tertentu. Di antaranya meningkatkan takwa, sebagai bentuk rasa syukur dan dapat mensucikan diri ataupun harta benda.

Hikmah dan keutamaan berqurban di Hari Raya Idul Adha



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Arief Poyuono Sebut Keputusan MK Soal UU Cipta Kerja Kontra Produktif dengan Program Pemerintah https://t.co/ASV5S4w5RL
BMKG Ingatkan Hujan Petir Diprediksi Terjadi pada 27 November https://t.co/bZj8k8cFdh
Soal Putusan MK, Kemnaker Sebut Indonesia Memerlukan Upah Berbasis Kinerja https://t.co/yg0kdp6pMV
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter