FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Masih Punya Utang Puasa yang Belum Dibayar? Begini Hukumnya

Indeks Artikel



SUBANG, TITNAHIJAU.com - Ramadhan akan kita lalui dalam beberapa hari lagi, namun bagi mereka yang masih memiliki utang puasa yang belum ditunaikan, mungkin inilah saat untuk menjalankan utang puasa Ramadhan tersebut.

Namun terlepas dari itu, ada dua kondisi dimana seseorang meninggalkan puasa Ramadhan, yang pertama ialah seseorang yang meninggalkan puasa karena berada pada kondisi khusus seperti; lanjut usia, sakit, musafir, haid, nifas, dan seterusnya.

Kedua, ialah mereka meninggalkan puasa karena malas, lesu, dan tidak mau.

"Kedua kondisi ini sama-sama mempunyai kewajiban yang sama, yaitu sama-sama wajib mengganti puasa yang ditinggalkan, bedanya yang satu tidak berdosa, namun yang satunya berdosa, ini akibat meninggalkan puasa hanya karena malas," kata lulusan Hukum Islam dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc., M.Ag. seperti yang dilansir dari laman Liputan6.com

Mengganti puasa yang dimaksud sesuai dengan kondisi badan. Jika masih sehat, maka caranya mengganti wajib dengan puasa di hari lain, selain Ramadan. Kata Saiyid, tentu dengan sejumlah hari puasa yang dia tinggalkan.

"Namun, jika alasan meninggalkan puasa karena lanjut usia atau karena sakit menahun yang tidak ada kemungkinan sembuh, maka cara menggantikannya cukup dengan membayarakan fidiah, memberi makan fakir-miskin, minimal satu mud, per hari yang dia tinggalkan. Hitungan satu mud itu setara dengan seperempat zakat fitrah, ini ukuran minimal jika dilebihkan pastinya akan lebih baik," imbuh Saiyid.

Saiyid menukil pendapat Imam Al-Kasani dalam mazhab Hanafi yang menyebutkan bahwa "ketika seseorang menunda mengqadha puasa sampai mau ke Ramadan berikutnya, maka tidak wajib fidiah baginya."

Pendapat Mayoritas Ulama

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Total 2.980 Kasus, Ini Sebaran Covid-19 di Majalengka https://t.co/NoYl1dK0Ne
Tok! Mulai 25 April Besok WNA dari India Dilarang Masuk RI https://t.co/M9IReLwkVo
Satlantas Polres Majalengka Buru Pemotor Knalpot Brong https://t.co/vGZ325FrM2
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter