FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tidak Banyak Tahu, Ini 11 Manfaat Dahsyat dari Zakat

Indeks Artikel

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Membayar zakat memiliki penekanan khusus ketimbang infaq dan shadaqah. Berbeda dengan shadaqah dan infaq, membayar zakat Allah wajibkan kepada muslimin yang sudah memenuhi syarat.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Majalengka Dr. H  Agus Yadi Ismail, zakat yang merupakan bagian dari rukun islam yang ketiga setelah mengucapkan syahadat dan mendirikan sholat. Zakat, kata Agus, memiliki manfaat dahsyat, khususnya dalam konteks sosial.

"Potensi zakat di kita sangatlah bagus karena banyak aghniya (orang-orang kaya). Miris memang mengetahui fakta ini padahal potensi zakat di Indonesia ini sangat besar, kalau di lihat ini karna ketidak tahuan umat islam ini sendiri di mana hanya tau zakat fitrah, padahal ada lagi zakat maal di mana zakat maal ini yang akhirnya melahirkan banyak jenis zakat di antaranya : zakat penghasilan, perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, obligasi, tabungan, emas dan perak dan lainnya. Masing masing jenis zakat memiliki perhitungannya sendiri sendiri." Kata H. Agus, Senin (15/2/2021) .

Lebih jauh, Agus menguraikan manfaat zakat. Dia menyebutkan ada 11 Manfaat Zakat bagi Muzaki. Ke-11 manfaat itu adakah: 

    1.    Zakat pembersih harta kita karena 2,5 persen harta kita untuk fakir miskin
Sebagaimana Allah SWT berfirman :

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا

Artinya : Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. (QS. At-Taubah Ayat 103).

 

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Nama Ayus, Nisa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Sempat 0 Penambahan, Kasus Covid-19 di Subang Melesat Lagi https://t.co/wNXmHWJCVE
Nama Ayus, Nissa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter