FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Membangun Rasa Optimisme dalam Berdoa

Indeks Artikel


TINTAHIJAU.com - "Ketika para hamba-Ku bertanya kepadamu (wahai kekasih-Ku, Muhammad), maka jawablah (pertanyaan mereka), bahwa sesungguhnya Aku ini dekat. Aku akan menjawab (mengabulkan) permohonan siapa saja, jika ia berdoa pada-Ku. Maka dari itu, hendaklah mereka memenuhi perintah-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka mendapatkan petunjuk."

Demikianlah kiranya penjelasan Allah SWT yang tertuang dalam QS Al-Baqarah ayat 186 yang pernah ditujukan kepada Baginda Nabi Muhammad Saw, sekaligus sebagai rujukan jawaban untuk seluruh ummatnya, baik yang ada pada masa terdahulu, masa sekarang, hingga di masa yang akan datang.

BACA JUGA:
Jangan Takut Miskin Karena Punya Anak
Catat!, Ini yang Boleh Disembunyikan Istri Terhadap Suami
Sungguh Durhaka Anak yang Mendoakan Orangtuanya 5 Kali Sehari
Bagaimana Menanamkan Tauhid Pada Anak?

Kawan, melalui ayat tersebut, telah diterangkan mengenai hakikat posisi Allah yang teramat dekat dengan para hamba-Nya, serta kemungkinan terkabulnya harapan mereka yang berdoa dengan posisi jarak yang sedemikian dekat dengan Tuhan itu. Melalui ayat tersebut, kiranya semakin jelas dalam pemahaman kita bahwa Allah SWT akan mengabulkan setiap doa dari para hamba-Nya yang bersedia untuk memohon kepada-Nya.

Meskipun demikian, kita mungkin seringkali menganggap bahwa diantara doa yang kita munajatkan itu ada yang tak kunjung juga mendapat pengabulan dari Allah SWT, sehingga hati kita pun menjadi ragu, apakah Allah benar-benar akan menjawab permintaan kita itu.

Kawan, kondisi doa yang masih tertunda pengabulannya, tidaklah hal ini berarti bahwa Allah tidak akan mengabulkan permohonan kita. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa memperbaiki prasangka kita, bahwa Allah akan selalu mengabulkan doa kita itu sesuai dengan cara dan kehendak (iradah) Allah sendiri yang telah menjadi ketentuan-Nya.

Misalnya saja, pada saat ini kita senantiasa berdoa kepada Allah untuk menghilangkan segala wabah penyakit, menghindarkan bencana dan bermacam bentuk ujian lainnya, namun kita merasa belum mendapat jawaban atas doa-doa itu. Dengan kondisi yang demikian ini, kita tidak sepatutnya berputus asa apalagi mengendurkan keyakinan sedikit pun atas kehendak Allah yang akan mengabulkan segala permohonan itu.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sukses Jadi Petani Muda, Adi Priatna: Ada Doa Hebat Ibu di Belakang Saya https://t.co/hyOTnuZUVe
Xiaomi Bantah Tudingan Pemerintah AS, Xiaomi Bukan Perusahaan Militer China https://t.co/kVkZPy4E3w
Bupati Subang: Bulan Ini Ada Rotasi Mutasi Jabatan! https://t.co/yLfbeN4BKG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter