FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bagaimana Menanamkan Tauhid Pada Anak?

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHijau.com - Sebagai orangtua kita wajib menanamkan Tauhid yang lurus kepada anak-anaknya. Pasalnya Tauhid itu ibarat pohon, jika akarnya kuat maka pohon tersebut akan mampu berdiri kokoh meski diterpa angin kencang sekali pun.

Allah SWT berfirman:

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ اَصْلُهَا ثَابِتٌ وَّفَرْعُهَا فِى السَّمَآءِ ۙ

“Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya kuat dan cabangnya (menjulang) ke langit.” (QS. Ibrahim: 24)

Seperti itulah ketika seorang muslim melakukan amalan dengan pondasi Tauhid. Tauhid yang baik akan menghasilkan amalan dan akhlak yang baik, yang kelak akan menghasilkan buah kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Orang yang bertauhid memiliki kontrol atau pengawasan ruh yang kuat. kontrol pengawasan ada dua, di antaranya: kontrol spiritual/ruh, kontrol fisik.

Salah satu cara menanamkan kontrol ruh kepada anak yakni melalui kisah, seperti: (kisah di dalam Alquran, kisah nabi, sahabat dan para ulama)

Penanaman tauhid merupakan pondasi paling penting di dunia pendidikan islam, dan tauhid harus diajarkan sejak dini seperti keimanan kehidupan setelah kematian, adzab kubur, yaumul mizan, shirat.

Dan itu semua harus dihadirkan untuk anak-anak diawal pertumbuhan mereka agar mereka menghafalnya dan tertanam di dalam jiwa dan hati mereka. Selanjutnya dibuka sedikit demi sedikit ,sesuai dengan tahapan usia sang anak, agar anak berinteraksi secara baik dengan Allah.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Geco, Makanan Khas Cianjur yang Nyaris Punah https://t.co/n2bln10eQn
Tantangan Pejabat Sekda Baru Pemkab Subang https://t.co/W8m3gPuZI9
Sering Duduk Seharian di Kasur Karena WFH? Ini Tips Agar Tidak Cepat Pegal https://t.co/byDGs7erJS
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter