FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bagaimana Hukumnya Jika Mengerjakan Shalat Saat Adzan Masih Berkumandang?



Melaksanakan salat wajib adalah hal yang harus dilakukan setiap umat Muslim meski kita memiliki kesibukkan yang terlalu padat sehingga harus melaksanakannya dengan cepat.

Kesibukan yang kita miliki terkadang membuat salat yang dikerjakan jadi terburu-buru, bahkan sebelum azan berhenti berkumandang kita langsung melaksanakan salat.

Tapi, melihat situasi seperti itu, apa boleh melaksanakan salat ketika azan masih berkumandang?

BACA JUGA:
Lakukan Amalan Ini, Balasannya Setara dengan Pahala Naik Haji
Inilah 11 Kesalahan Dalam Pelaksanaan Kurban di Masyarakat
Ini Standar Mampu Berkurban Menurut Mazhab Syafi'i
Inilah Cara Memuaskan Suami Saat Istri Sedang Haid

Dalam hukum Islam, azan adalah tanda masuknya salat. Berarti, jika kita melaksanakan salat walaupun azan belum berhenti berkumandang, salatnya akan tetap sah. Kenapa? Karena sudah waktu masuknya salat.

Namun, meskipun salatnya sah, sebagai umat Muslim dianjurkan untuk mendengarkan azan dan menjawabnya lebih dulu dari pada langsung mengerjakan salat. Hal ini dilakukan karena kamu juga akan mendapatkan pahala dari mendengarkan dan menjawab azan yang berkumandang.

Dilansir dari beberapa sumber pada Senin (27/7/2020), Imam Nawawi dalam kitab al-Majmu ‘ala Syarh al-Muhazzab menjelaskan,

"Al-Atsram berkata, ‘Saya pernah mendengar Abu Abdillah ditanya tentang seseorang yang langsung melaksanakan sholat ketika mendengar adzan dan dia cepat-cepat rukuk. Maka dia (Abu Abdillah) menjawab; dianjurkan rukuknya setelah muadzin selesai adzan atau hampir selesai. Hal ini karena pernah dikatakan setan lari ketika mendengar adzan sehingga tidak layak cepat-cepat melaksanakan sholat. Jika seseorang masuk masjid dan mendengar muadzin, maka disunnahkan menunggu muadzin hingga selesai adzan dan melafalkan seperti apa yang dikatakan muadzin agar bisa mendapatkan dua keutamaan. Jika tidak mengucapkan seperti apa yang diucapkan muadzin dan langsung mulai sholat, maka tidak masalah." Ini ditegaskan oleh Imam Ahmad.

Nah, sekarang kamu tahu kan kalau mendengarkan dan menjawab azan sebelum salat lebih dianjurkan. Tapi, tidak masalah juga jika kamu tetap langsung melaksanakan salat saat azan masih berkumandang karena salatnya akan tetap sah.

Sumber: kumparan | Foto: Ilustrasi Muadzin/Shutterstock

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Alhamdulillah, 9 Pasien Covid-19 di RSUD Cideres Berangsur Membaik https://t.co/4EARTLNs6A
Dari Majalengka, AKP Wafdan Muttaqin Jabat Kasat Reskrim Subang https://t.co/XP8rSGKdiq
Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Subang, Pada Senin 10 Agustus 2020 Bertambah Dua Orang https://t.co/T2YsqFTzTn
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter