FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

4 Amalan yang Dicontohkan Rasulullah SAW Saat Memasuki 10 Hari Terakhir Ramadan



Memasuki hari berpuasa ke 22, Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan umat islam tentang keutamaan beribadah di 10 hari terakhir Bulan Ramadan.

10 hari terakhir merupakan penutup Bulan Ramadan yang penuh berkah, setiap amalan yang dilakukan umat muslim dinilai dari amalan penutupnya.

10 terakhir bulan Ramadan juga menjadi malam-malam yang paling dicintai Rasulullah SAW.

BACA JUGA:
Yuk Semangat Menggapai Lailatul Qadar
Amalan Dahsyat Saat Malam Lailatul Qadar, Ini Cara Meraihnya
Doa dan Amalan Dahsyat di 10 Hari Terakhir Ramadan
Amalan-amalan Bulan Ramadhan yang Bisa Dilakukan DiRumahAja

Dikutip dari Kementerian Agama, sebagai anjuran dan keteladanan umat muslim untuk menambah giat beribadah di 10 hari terakhir Bulan Ramadan berikuti amalan-amalan utama yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Memperpanjang Salat Malam

Rasulullah SAW dan para sahabat mencontohkan untuk menghidupkan malam 10 hari terakhir untuk salat, zikir dan ibadah lainnya hingga waktu fajar tiba.

Beliau juga menularkan kebiasan beribadah itu kepada seluruh anggota keluarga untuk bersama-sama menikmati kesyahduan beribadah sepanjang malam.

Memperbanyak Sedekah

Meningkatkan sedekat di 10 hari terakhir menjadi salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT karena telah diberi nikmat untuk dipertemukan kembali dengan Bulan Ramadhan. Sedekah juga menjadi penyempurna ibadah-ibadah lainnya.

Bersedekat di 10 hari terakhir tidak hanya berarti melakukan zakat fitrah dan zakat mal melainkan sedekah sunnah seperti berbagi kebahagiaan dan memberikan bekal makanan bagi duafa.

Itikaf

Itikaf biasanya dilakukan di masjid dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. Aktivitas yang dilakukan di masjid selama itikaf antara lain berzikir, berdoa, membaca Alquran, salat sunnah, bersalawat, bertaubat, beristigfar, dan lainnya.

Namun di tengah pandemi Kementerian Agama menginstruksikan umat muslim untuk melakukan itifkaf di rumah masing-masing. Itikaf bisa dilakukan dengan aktivitas yang sama layaknya dilakukan di masjid seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tilawah Alquran

Memperbanyak bacaan Alquran menjadi salah satu ibadah utama di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan. Tilawah Alquran merupakan ibadah ringan yang memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

Tradisi mengejar khataman Alquran di akhir Ramadan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap pribadi muslim khususnya bagi mereka yang bergulat dengan pekerjaan. Berbagai bentuk motivasi membaca Alquran harus semakin digiatkan di 10 hari terakhir Bulan Ramadan.

Sumber: Pikiran-Rakyat | Foto: Ilustrasi/Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

HOAKS! Adidas Bagi-bagi Ribuan Pasang Sepatu, Kaus, dan Masker https://t.co/uKCqWmzMKK
Akhir Pekan, DPRD Subang Panggil 20 OPD Bahas Raperda APBD Perubahan https://t.co/UIOwnZCct8
Komunitas Kracker Supermoto Subang Galang Dana untuk Sukabumi https://t.co/DHNFY5CTuZ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter