Ikhtiar Langit Mencegah Virus Corona



COVID-19 atau biasa disebut corona, sudah masuk ke Indonesia. Hingga Selasa (17/1), tercatat ada 134 orang positif terinfeksi wabah tersebut. Menanggapi wabah itu, upaya-upaya seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, menghindari keramaian, dan lain sebagainya pun telah dilakukan. Akan tetapi jangan lupa dengan ikhtiar langit juga.

Berbagai amalan bisa dilakukan oleh masyarakat dengan rujukan Al-Qur'an dan Hadis. Seperti yang dicontohkan oleh Ustaz Yusuf Mansur atau biasa disapa UYM, yakni doa-doa yang pernah dipanjatkan Rasulullah SAW agar terhindar dari segala marabahaya.

BACA JUGA: [OPINI] Virus Korona dan Nasib Pendidikan Anak

Lafadznya adalah, “Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.” Artinya, "Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Rasulullah bersabda, “Barang siapa membacanya sebanyak tiga kali ketika pagi dan petang hari, maka tidak ada sesuatupun yang membahayakan dirinya.” (HR. Abu Dawud4/323, At-Tirmidzi 5/465, Ibnu Majah dan Ahmad. Lihat Shahih Ibnu Majah 2/332, Al-Allamah Ibnu Baaz berpendapat, isnad hadits tersebut hasan dalam Tuhfatul Akhyar hal. 39.)

Jadi, selain dengan upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini, berdoa pun harus menjadi hal yang tak tertinggal. Amalkan doa tersebut di kala pagi dan sore hari. Bacalah minimal tiga kali.

BACA JUGA: [OPINI] Isolasi Diri: Mencegah Korona, Mencetak Karya

UYM mengatakan bahwa akan lebih lengkap jika doa tersebut disertai dengan Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. Masing-masing dibaca sebanyak tiga kali.

"Baca 3x di pagi dan di sore hari. Sekeluarga ya. Dan sama kawan-kawan. Supaya terhindar dari Corona Dan semua keburukan, kejahatan, kebangkrutan, kerugian, kehancuran, kebinasaan, kehinaan, penyakit, virus2, bala, musiabah, bencana... Dan segala yg dianggep ga enak, menyakitkan, melelahkan, menghinakan, merugikan, mengecewakan, menjatuhkan, dll kejahatan dan keburukan..." tulis UYM di akun instagramnya @yusufmansurnew.

Semoga setiap ikhtiar pencegahan yang kita lakukan membuat kita terhindar dan terlindungi dari segala macam virus dan penyakit lainnya. Tolak bala dengan sedekah. Semoga dapat menjadi wasilah kita agar dihindarkan dari musibah, termasuk wabah. Aamiin.[]

Sumber: Kumparan | Foto: Dokumentasi PPPA Daarul Qur'an.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-Mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Selain Sekat Jalur Wisata Majalengka, Polisi Juga Bubarkan Wisatawan https://t.co/4Ku9hYbMbn
Jubir Gugus Tugas Sesalkan Obyek Wisata di Karawang Diserbu Wisatawan https://t.co/LMahxn7zV7
Bedug Sebagai Simbol Akulturasi Agama dan Budaya Lokal https://t.co/2ELjmTaJS7
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter