FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Waspada Terorisme, KPAD Subang Ajak Ortu Pantau Pergaulan Anak

TINJAU SUBANG- KPAD Subang menghimbau orang tua untuk memantau pergaulan anaknya. Himbauan itu disampaikan KPAD guna mengantisipasi masuknya faham radikalisme dan terorisme yang membidikn usia anak-anak.

Dalam diskusi publik dengan mengusung tema Waspada Faham Radikalisme di SMK Raudhul Jannah, Cibogo itu Ketua KPAD Subang Juju Juhairah menekan pentingnya komunikasi orang tua dengan anaknya guna memantau pergaulan dan aktivitas buah hatinya tersebut.

Juju menyebutkan, usia anak-anak menjadi sasaran potensial penyebaran faham radikalisme dan terorisme.
"Usia anak-anak ini rentan untuk dilakukan cuci otak, sehingga semua yang bersinggungan dengan perkembangan anak harus lebih peka. Cek apa yang mereka baca, termasuk perubahan karakter dan pergaulan anak," kata Juju.

Orang tua, yang menjadi tokoh sentral di komunitas terkecil atau keluarga, harus lebih banyak mengajak anaknya berkomunikasi. "Harus ditingkatkan lagi komunikasi dengan anak, sehingga orang tua mengenal anaknya bergaul dengan siapa dan apa yang dilakukan," jelasnya.

Selain orang tua, imbuh Juju, lembaga pendidikan memiliki peran utama dalam perkembangan anak. Lembaga pendidikan harus memperketat masuknya buku-buku pelajar yang masuk sehingga bisa difilter buku-buku ekstrim yang masuk ke sekolah.

"Pemkab harus lebih selektif dalam menyusun kurikulum sekolah/pesantren. Pendidikan Islam yang diajarkan, harus mengedepankan Islam rahmatan lil alamin," tandasnya.

Dalam diskusi yang digelar GMNI Komisariat Hukum Unsub itu menghadirkan sejumlah pemateri. Selain dari KPAD, GMNI menghadirkan pemateri lain dari pegiat Eltras, Ahmad koncara; BPMKB, Wijaya; dan Kementerian Dalam Negeri, Rusli.

Ketua GMNI Komisariat hukum Unsub Yudha Adikusuma mengatakan diskusi publik ini bagian dari kontribusi GMNI dalam mengantisipasi dan melindungi anak dari faham radikalisme dan terorisme dan semangat aplikasi UU No. 35/2014 tentang Perlindungan Anak.

Sesuai rencana, diskusi serupa akan digelar di Pesantren Raudhatul Jannah di Subang Kota, Ahad (16/4/2016) besok yang digelar Forum Mahasiswa Subang seluruh Indonesia (Formassi). [annas nashrullah l @JejakAnnas]


Follow twitter @tintahijaucom l FB: Berita Tintahijau


Banner Kanan 1

Twitter Update

Goyang Bareng Cita-Citata di Wisata Air Panas Sari Ater Ciater Subang https://t.co/4541Sr5YE0
Akses Kertajati Belum Memadai, Penumpang Bisa Lari ke Halim https://t.co/OKBMx23vQo
Ratusan Pegiat Kolecer Ikuti Festival di Maja Majalengka https://t.co/LqM2apV0ht
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page