FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tak Ada Jembatan, Warga Perbatasan Subang-Purwakarta Manfaatkan Perahu

TINJAU CIPEUNDEUY- Sejak 2013, warga di daerah Desa Cimayasari, Kecamatan Cipeundeuy, memanfaatkan perahu sebagai transportasi alternatif untuk menghubungkan dengan perkampungan Bongas Kolot, Desa Cikadu, Kecamatan Cibatu, Purwakarta.

Ini dikarenakan, belum adanya jembatan yang menghubungkan dua daerah tersebut. Sebelum ada perahu, Warga yang hendak menuju dua kecamatan yakni Kecamatan Cipeundeuy dan Kecamatan Cibatu, Purwakarta itu harus rela berputar arah dengan menempuh jarak sejauh 10 kilometer dan menyelusuri perkampungan Cihuni dan Bungas Kolot.

Namun setelah hadirnya perahu buatan Ikin, akses menuju dua kecamatan itu sedikit lancar dan setidaknya bisa mengurangi beban warga yang hendak menyeberang sungai. Perahu ini terbuat dari kayu. Di bagian sisi perahu diikat menggunakan kawat seling yang membentang di sisi sungai. Untuk sekali jalan, perahhu ini mampu mengangkut10 unit sepeda motor

Untuk melayani warga yang hendak menyebrang sungai Cilamaya, Ikin tidak sendiri. Ia dibantu dua orang rekannya. Perahu ini beroperasi selama 24 jam. "Tidak ada bayaran. Mereka kasih kita terima, tidak kasihpun tidak apa-apa. Ini untuk sukarela saja, kasian kalau tidak ada perahu mereka harus muter," kata Ikin kepada TINTAHIJAU.com.

Kondisi berbeda saat musim hujan turun yang berdanoak pada meningkatnya debit air. Ia khawatir, akibat arus deras akan berdampak fatal bagi warga. "Warga di daerah ini sangat mendambakan adanya jembatan penghubung, agar warga tidak dipusingkan lagi saat menuju perkotaan," pungkasnya. [Sandy Zaenudin]



Follow twitter @tintahijaucom l FB: Berita Tintahijau


Banner Kanan 1

Twitter Update

Antrean Membeludak, Subang Jadi Fokus Pantauan Ombudsman Soal PPDB SMA https://t.co/ZJ2gFYc3Bu
Polemik Keberangkatan Haji dan 'Mati Suri' Bandara Kertajati Majalengka https://t.co/jovd5w8ugC
Hari Jadi ke-529 Majalengka, Dari Membangun Daerah Menuju Daerah Membangun https://t.co/IUqxx9CbtC
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page