FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tragis! Benteng Pancasila Subang jadi Tempat Vandalisme dan Sampah

TINJAU SUBANG- Tragis! Sebuah tugu bersejarah, Benteng Pancasila yang berada di depan kantor Pemerintahan, kondisinya tidak terawat. Sebaliknya, tugu itu jadi tempat vandalisme dan sampah.

Tugu Benteng Pancasila yang berada di sebelah selatan Lapangan Pemkab, Jl. Dewi Sartika, Subang itu memiliki sejarah di era 1960-an. Informasi yang dihimpun tugu Benteng Pancasila, merupakan simbol keteguhan warga Subang dalam memegang dasar negara pancasila dari rongrongan kelompok komunis.

Selain tugu, pada saat itu, Kodim memanfaatkan radio lokal untuk menyebar informasi bahaya laten komunis. Radio itu dinamakan Benpas atau Benteng Pancasila. Mirisnya, tugu tersebut saat ini kondisinya memprihatinkan, tak terawat dan kumuh.

Dari pantauan, sisi bangunan tugu benteng pancasila dijadikan tempat vandalisme oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Sementara pada bagian dalamnya, tampak tumpukan sampah yang menimbulkan bau tidak sedap.

"Ini sangat tagis, tugu benteng pancasila ini punya makna perjalanan dan sejarah Subang. Tapi saat ini kondisinya tidak terawat. Entah, apa yang dipikirkan mereka tang tega mencorat-coret dinding dan membuang sampah di sana," kata seorang warga Alam Rantjatan kepada TINTAHIJAU.com, Selasa (11/8/2014).

Di tengah tangan usil tak bertanggung jawab itu, jelas aktivis Masyarakat Sadar Lingkungan (Masal) Subang, justru pengawasan Pemerintah dalam hal ini Satpol PP yang kantornya tidak jauh dari Tugu Benteng Pancasila terkensa minim.

"Warganya usil, sementara pengawasan nihil. Satpol PP seharusnya lebih tegas kepada siapapun yang merusak keindahan tugu ini," tegasnya.

Hampir setiap tahun, Satpol PP selalu berkelit pihaknya akan menindak aksi tersebut. Namun pada saat yang sama, tugu benteng Pancasila tidak luput dari aksi coretan dinding. "Kita akan tindak lanjuti," kata Kepala Satpol PP Subang Asep S Permana. [Annas Nashrullah | @JejakAnnas ]

 

Foto: warga melihat aksi vandalisme di Tugu Benteng Pancasila

Follow twitter @tintahijaucom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Entah Halu atau Memang Sangat Imajinatif, Seniman Ini Jual Patung Tak Kasat Mata Seharga Rp250 Juta https://t.co/wha5086o3l
Innalillahi, Kasus Covid-19 di Subang Bertambah 238 Orang Pada Jumat 18 Juni 2021 https://t.co/95k0MSMQYa
Catat! Ini 26 Poin Seputar Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Subang https://t.co/A7qsPccEXm
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter