FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Gantikan Kantong Plastik, Siswa di Purwakarta Galakan Kanjut Kundang



PURWAKATA, TINTAHJAU.COM - Untuk menghadirkan lingkungan sehat, pelajar di Purwakarta mengganti kantong plastik dengan Kanjut Kundang.

Pelajar di Purawakarta ada kebiasaan setiap hari Kamis. Mereka
mengumpulkan beras. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2015 yang mana dikenal dengan program beas kaheman atau program kamis berkah.

"Rata-rata terkumpul sampai 9,5 ton beras di setiap bulannya. Bahkan pernah terkumpul mencapai 21 ton beras pada bulan Ramadhan lalu. Luar biasa ini akan terus dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta," ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

Beras yang terkumpul di sekolah kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar dan juga kepada anak yang membutuhkan di sekolah tersebut. "Jadi satu penerima manfaat bisa mendapatkan 5 sampai 10 kilogram beras," ujarnya.

Yang menarik, siswa yang membawa beras dari rumah itu dibawa bukan dalam kantong plastik. Mereka memanfaatkan kantong yang terbuat dari kain atau Kanjut Kundang.

"Siswa membawa beras ke sekolah tidak lagi memakai plastik. Kita ingin membuat sekolah yang ramah lingkungan tidak boleh lagi ada plastik di sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto

Purwanto mengatakan Kanjut Kundang ini dibuat oleh siswa sendiri dari kain bekas. Dinas Pendidikan juga mengarahkan agar Kanjut Kundang dibuat oleh siswa sendiri tidak boleh oleh orang lain.

"Harus dibikin oleh siswa sendiri sebagai pendidikan ketelatenan keuletan. Dijait manual (kecos) gitu ya. Membuat Kanjut Kundang ini juga sebagai prakarya keterampilan," kata Purwanto.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

5 Tips Mengurangi Rasa Takut Menjelang Melahirkan https://t.co/KNQoTWVHce
Jadwal Imsakiyah untuk Wilayah Subang Pada 5 Desember 2021 https://t.co/dhUYxwKXCm
Inilah Jadwal Samsat Keliling di Subang Pada 5 Desember 2021 https://t.co/ci4v5ZANBA
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter