FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Sejarah Lahirnya Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Indeks Artikel






SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021. Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dirangkum dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ikrar tersebut merupakan hasil putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres tersebut digelar setelah sebelumnya dilaksanakan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Namun, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan.

Tahun ini, Hari Sumpah Pemuda 2021 diperingati Kamis, 28 Oktober.

Sejarah Sumpah Pemuda

Sejarah lahirnya Sumpah Pemuda bermula dari Kongres Pemuda II yang digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda. Di antaranya Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat untuk menghasilkan Sumpah Pemuda. Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng.

Dalam rapat tersebut terdapat uraian Moehammad Jamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yakni sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, sependapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Digempur Medsos, Inilah 4 Langkah Media Online Tetap Survive di Era Digital https://t.co/wa1PvNLNSO
Terungkap!, Ternyata Ini yang Jadi Penyebab Pelaku Lakukan Mutilasi Pada Korban di Bekasi https://t.co/Qq6Ree463D
Pelaku Mutilasi di Bekasi Berhasil Ditangkap, Terancam Hukuman Seumur Hidup https://t.co/55Se5N9NkG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter