FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Inilah Tiga Tokoh Santri Indonesia yang Mendunia

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Bertepatan dengan Hari Santri Nasional 2021 yang akan jatuh pada Jumat (22/10/2021) besok, kamu perlu tahu ada tokoh-tokoh santri dari Indonesia yang berhasil mengepakkan sayapnya hingga kancah dunia.

Selain melahirkan banyak pahlawan nasional seperti KH Wahid Hasyim, KH Ahmad Dahlan, atau K.H Hasyim Asyari, pesantren juga melahirkan tokoh santri yang mendunia karena karya-karyanya. Beberapa tokoh santri Indonesia tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. KH Idham Chalid
KH Idham Chalid merupakan salah satu tokoh ulama sekaligus pahlawan nasional berdasarkan Keppres Nomor 113/TK/Tahun 2011 tanggal 7 November 2011. Ia dilahirkan di di Setui, Kalimantan Selatan pada 27 Agustus 1922.

Latar belakang pendidikannya dimulai sebagai seorang santri di Madrasah Islam di Pekapuran. Kemudian melanjutkan pendidikan menengah dan lanjutannya di Pondok Modern Gontor. Sebab itu, ia menjadi lulusan yang cakap berbahasa asing.


BERITA LAINNYA:
Mengulik Sejarah Hari Santri dan Resolusi Jihad
Twibbom Hari Santri 2021 Berikut Cara Membuat Twibbom Versi Sendiri
Didaulat Sebagai Panglima Santri, H Ruhimat: Semoga Membawa Manfaat untuk Umat




Peran Idham Chalid di dunia Islam internasional dapat terlihat pada tahun 1965. Saat itu, situasi politik internasional mengancam dunia Islam melalui neo kolonialisme dan neo imperialisme.

Sebab itu, umat Islam di kawasan Asia dan Afrika membentuk suatu solidaritas. Mereka mengadakan Konferensi Islam Asia Afrika di Indonesia tepatnya di Gedung Merdeka yang saat itu dipimpin oleh KD Idham Chalid. Ia memimpin konferensi ini sejak awal hingga berakhir.

Berbekal pengalamannya itu, Idham Chalid kemudian dipercaya sebagai Presiden Organisasi Islam Asia Afrika. Pasalnya, ia dipercaya memiliki kepemimpinan dan cakap dalam menyelesaikan permasalahan dunia bagi umat Islam.

"Ketika Konferensi Islam Asia Afrika dimulai pada 7 Maret 1965 KH Idham Chalid terpilih sebagai ketua sidang yang memimpin lajunya sidang KIAAA tersebut. Dari Konferensi Islam Asia Afrika ini membuat KH Idham Chalid terpilih menjadi Presiden Organisasi Islam Asia Afrika," tulis situs resmi LTNNU Jawa Barat.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kesal Karena Anak Ditilang, Warga Sumsel Kejar Polantas Pakai Clurit https://t.co/HnnQltzwnF
Pidato Jokowi di KTT Asia-Eropa, Singgung Ketimpangan Vaksin Negara Kaya dan Miskin https://t.co/htWEu7ULqv
Pelaksanaan Pilkades Ricuh, 1 Aparat Jadi Korban dan Kotak Suara Dirusak https://t.co/4kP4UBxmmF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter