FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Catat! Ini Cara Hilangkan Noda Kopi di Baju





Mengonsumsi kopi memang memberi kenikmatan tersendiri bagi banyak orang. Warna pekat pada kopi memang menjadi ciri khas yang melekat. Tapi, warna pekat yang terdapat pada kopi itu juga yang bisa menyebabkan pakaian menjadi kotor apabila terkena cipratan atau bahkan ketumpahan.

Jika sudah terlanjur terkena tumpahan atau cipratan, maka mau tidak mau harus segera untuk Anda mempraktikkan cara menghilangkan noda kopi di baju.

Tapi, sebenarnya masing-masing cara menghilangkan noda kopi di baju tersebut akan efektif tergantung seberapa parah noda kopi yang menempel. Selain itu, berapa lama waktu noda kopi menempel hingga menuju proses pembersihan juga akan berpengaruh pada hasil saat mempraktikkan cara menghilangkan noda kopi di baju tersebut.

BACA JUGA:
Cara Membuat SIM Online, Catat Langkah Aman dan Biayanya
Catat! Jangan Berhubungan Seks Disamping Bayi, Ini Alasannya
Catat Rekor MURI, Subang Siapkan 6 Ton Nanas
Catat! Kenapa Kita Harus Mengkonsumsi Susu


Sebagai contoh, jika noda kopi baru sekitar 10-20 menit menempel di baju, maka Anda masih bisa menggunakan cara menghilangkan noda kopi di baju yang paling mudah, yaitu dengan air dingin atau tisu basah. Hal ini masih sangat mungkin dalam menghilangkan noda kopi yang menempel di baju.

Beda halnya apabila noda kopi sudah terlampau lama menempel di baju, maka mau tidak mau Anda harus melakukan cara menghilangkan noda kopi di baju dengan proses lebih lanjut agar noda cepat hilang.

Di bawah ini kami sudah merangkum dari berbagai sumber, mengenai apa saja cara menghilangkan noda kopi di baju tersebut yang tentunya efektif untuk dilakukan.

1. Tisu Basah

Cara menghilangkan noda kopi di baju yaitu dengan tisu basah. Tapi, cara ini hanya direkomendasikan apabila noda kopi masih baru. Penggunaan tisu basah sebenarnya menjadi cara menghilangkan noda kopi di baju yang bisa dibilang cukup darurat. Mungkin saja, baju Anda ketumpahan kopi saat jam kerja, padahal Anda harus tetap menjaga penampilan di depan klien. Sedangkan untuk mencuci baju juga sangat tidak mungkin.

Jenis tisu basah yang digunakan bisa dengan mudah ditemukan di minimarket. Beberapa tisu basah juga ada yang memiliki kandungan alkohol dan bisa membantu dalam membersihkan baju yang terkena noda kopi.

2. Sabun Cuci Piring

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa menggunakan sabun cuci piring. Tapi, penggunaan sabun cuci piring juga cukup efektif dalam menghilangkan noda kopi. Apabila jenis noda kopi tersebut masih baru, maka Anda bisa membasahi bagian belakang noda kopi dengan air mengalir dengan mencampurakan sedikit sabun pencuci piring cair.

Lalu gosok baju secara perlahan dan diamkan selama setengah jam. Setelah didiamkan selama setengah jam, ulangi proses penggosokan hingga noda kopi berangsur menghilang. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa.

3. Deterjen Anti Noda

Cara menghilangkan noda kopi di baju dengan deterjen anti noda sebenarnya juga cukup efektif dilakukan. Mengingat, saat ini sudah sangat banyak produk deterjen anti noda yang memiliki formula khsusus agar noda dapat hilang lebih cepat.

Pertama-tama bilas terlebih dahulu noda kopi dengan air mengalir. Selanjutnya, masukkan baju ke dalam mesin cuci dan tuangkan deterjen anti noda. Lakukan proses pencucian baju tersebut seperti biasa, lalu bilas dengan air bersih. Namun pastikan jangan mencampur baju berwarna cerah seperti warna putih dengan warna lain. Hal ini untuk mencegah timbulnya kelunturan saat proses mencuci.

4. Baking Soda

Baking soda rasanya bisa disebut sebagai bahan multifungsi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sebab, selain bisa membersihkan porselen, logam, hingga berbagai barang-barang yang ada di rumah, baking soda juga berguna dalam membersihkan noda kopi yang menempel di baju.

Cara penggunaan baking soda untuk membersihkan noda kopi ternyata cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan handuk yang dibasahi dengan air dingin terlebih dahulu. Lalu gosok secara perlahan ke permukaan baju yang terkena noda kopi. Setelah itu, Anda bisa taburkan sedikit baking soda dan gosok kembali dengan gerakan memutar.

Pastikan proses penggosokan dilakukan dengan perlahan dan berulang-ulang hingga noda tersebut hilang. Apabila noda kopi sudah mulai hilang, basahi kembali handuk dan bersihkan sisa baking soda yang menempel pada kain baju. Lalu jangan lupa bilas baju hingga bersih.

5. Lemon

Selain bermanfaat bagi kesehatan, lemon juga sangat bermanfaat dalam menghilangkan noda kopi pada pakaian dengan bahan tertentu. Caranya juga tidaklah sulit, Anda cukup menggunakan potongan lemon yang sudah diiris tipis. Lalu basahi sedikit noda kopi yang menempel dengan air dingin. Kemudian oleskan lemon dan peras sedikit hingga airnya keluar di permukaan pakaian yang terkena noda kopi. Kemudian bilas dengan air bersih kembali dan keringkan baju.

6. Asam Asetat

Lalu, cara menghilangkan noda kopi di baju yang terakhir dengan menggunakan asam asetat. Jenis asam asetat sendiri bisa ditemukan salah satunya di cuka. Cara menggunakan asam asetat juga sangat mudah dan tergolong aman apabila terkena tangan.

Pertama-tama serap noda kopi yang masih cukup basah dengan tisu, hal ini agar noda kopi berkurang terlebih dahulu. Lalu, campur air dan cuka dengan perbandingan 1:1 dan beri sedikit deterjen bubuk agar menjadi campuran adonan kental.

Jika sudah menjadi adonan seperti pasta kental, coba dahulu untuk mengoleskan adonan di bagian baju yang tidak terlihat untuk mengetahui apakah campuran asam asetat tersebut merubah warna kain atau tidak.

Jika setelah dilakukan uji coba dan tidak ada perubahan warna kain, maka Anda bisa mulai mengoleksannya ke noda kopi yang ada di pakaian. Setelah dioles rata, gosok dengan sikat gigi hingga adonan tersebut meresap ke dalam serat-serat pakaian.

Selanjutnya diamkan selama 30 menit dan lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air dingin. Mengapa air dingin? Sebab, cara menghilangkan noda kopi di baju dengan air panas bisa membuat noda kopi justru menempel lebih erat sehingga akan mempersulit proses pengangkatan noda yang menempel.

Sumber: Liputan6.com | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

16 Oktober Diperingati Hari Pangan Sedunia, Simak Sejarahnya https://t.co/5DxI6yFA6b
Bali Diguncang Gempa M 4,8 Pagi Ini, 3 Orang Dilaporkan Tewas https://t.co/WdRxCZe6rT
Jadwal Sholat Fardhu untuk Wilayah Subang Pada 16 Oktober 2021 https://t.co/hZA04JF4FW
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter