FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Dampak Covid-19, 10 Warga Subang 'Tertahan' di India

SUBANG, TINTAHIJAU.com - 10 warga Subang tertahan di India. Mereka berasal dari sejumlah Kecamatan di Kabupaten Subang.

Ke-10 orang tersebut merupakan anggota Jamaah Tabligh yang sedang menuntut ilmu di India. Dari data Jamaah Tabligh Subang, mereka berasal dari Kecamatan Paagden, Cibogo, Compreng, Blanakan dan Kecamatan Serangpanjang.

Humas Jamaah Tablig Subang, Kiki Rizki mengatakan ke-10 orang tersebut berangkat ke India untuk menuntut Ilmu. Sesuai jadwal, kegiatan mereka berada di India itu selama tiga bulan.

Sebelumnya, mereka sudah disipkan tiket untuk pulang ke Subang. Namun pada saat yang sama, pandemi covid-19 menerjang Indonesia. Akibatnya, kepulangan mereka ditunda.

"Kita punya saudara warga Subang yang sedang tersandung kasus keimigrasian di India akibat panjangnya masa tinggal (overstay). Yang mana hal ini menjadikan mereka berstatus mustahik selaku ibnu sabil yang kehabisan perbekalan safar mereka. Beberapa kali tiket pulang mereka hangus karena perpanjangan masa lockdown di India," papar Kiki.

Dia menerangkan, sebenarnya anggota Jamaah Tablig ini sudah berusaha untuk melakukan penggalangan. Namun, dari dana yang terkumpul masih belum mencukupi dari dibutuhkan.

"Saat ini sudah terkumpul dana talangan dari berbagai pihak Muhsinin. Mudah-mudahan kekurangan dana tersebut dapat dipenuhi oleh BAZNAS," terangnya.

Untuk memenuhi kekurangan itu, jelas Kiki, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Sekda Aminudin. Atas petunjuk Amin, Kiki diminta untuk ke Baznas Kabupaten Subang. "Dari Baznas Subang, kami diminta untuk ke Provinsi," imbuhnya

Di bagian lain, Kiki menjelaskan, di luar pihaknya memperjuangkan untuk kebutuhan tiket kepulangan 10 anggotanya itu, pihaknya memiliki 'kewajiban' untuk mencukupi keluarga dari 10 orang yang ditinggalkan di rumah.

"Mudah-mudahan kekurangan dana tersebut dapat dipenuhi oleh BAZNAS sehingga dana talangan/pinjaman tersebut dapat kami kembalikan," katanya.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Indeks Manufaktur Indonesia Tertinggi ke-2 di ASEAN https://t.co/NzQBwII1Bk
Menuju Industrialisasi, Ketua DPRD Subang: Jangan Lupakan Industri Pangan dan Wisata https://t.co/aYm0QnSwcR
Polres Majalengka Bekuk Komplotan Pelaku Bobol Baterai Tower https://t.co/ofR3jM47kX
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter