Kapolda dan Kasdam Panen Raya di Kampung Tangguh Nusantara Majalengka

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Syupahriadi, dan Kasdam III Siliwangi Brigjen Kunto Arif Wibowo melaksanakan panen raya di Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya di Desa Liang Julang, Kecamatan Kadipaten Kabuapten Majalengka, Kamis (9/7/2020).

Kedatangan Kapolda Jabar dan Kasdam III Siliwangi Danrem 063/SGJ beserta rombongan disambut Bupati Majalengka Dr.H.Karna Sobahi, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf.Harry Subarkah, Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso, PJU Polres Majalengka, Unsur Forkopimda Majalengka serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya Desa Tangguh Raharja ini dengan Luas wilayah tanaman padi sekitar 8 Ha. Tanaman padi yang dipanen sudah berusia tanam 97 hari.

Padi yang dinatamn jenis Ciherang atau dikenal Impari 32 Bantuan bibit dari Pemerintah Desa dan kementerian pertanian. Hasil panen padi untuk luas 1 hektar bisa menghasilkan 5-6 ton padi dan Ikan yang dipanen Nila, emas, dan Lele Jumbo total 1 ton.

Pada saat yang sama, Kapolda juga melaunching Aplikasi Pencegahan Karhutla berbasis IT (E-PMR) oleh Kapolda Jabar. Selanjutnya Kapolda juga meninjau Tanaman Hidroponik, Tanaman Ketahanan Pangan, Ruang Isolasi, Puskesdes, Posluhdes, Gudang Sembako dan Dapur Umum.

Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya Desa Tangguh Raharja di Desa Liang Julang, ini dalam menghadapi dan mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), seperti adanya posko relawan, Pos Pelayanan Kesehatan, Tangguh Keamanan, Ruang Isolasi Covid-19, Dapur Umum, Home Industri dan Peternakan.

Kapolda Jabar yang diwakili Dir Binmas Polda Jabar Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol Drs. Yudhi Faizal Hambali didampingi Kapolres Majalengka mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan program Presiden RI, Kapolri dan Panglima TNI yang kemudian diaplikasikan di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk di Jawa Barat kampung tangguh lokasi di Desa Liangjulang Kabupaten Majalengka tersebut telah dilaunching dan diberikan namanya, menyesuaikan dengan kearifan lokal.

Terkait ketahanan pangan, Dir Binmas Polda Jabar mengatakan bahwa pihaknya dan jajaran TNI bersama dengan Forkopimda baik di tingkat Provinsi maupun tingkat daerah telah bekerjasama dan dari jajaran Polri telah menyiapkan bantuan untuk masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Subang - Majalengka Akan Dikembangkan Jadi Kawasan Industri Super Koridor Ekonomi https://t.co/ej2Qeny1KQ
Tak Disadari Para OTG, Ternyata Paru-paru Mereka Memutih dan Rusak https://t.co/YVqrlL3ExI
Bertambah, Seorang Warga Kecamatan Cijambe Subang Terkonfirmasi Covid-19 https://t.co/k7VP8foAwX
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter