FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Sambut Imlek, Kelenteng di Majalengka Mulai Dibenahi

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Menjelang perayaan Imlek tahun 2020 atau menjelang tahun Cina 2571, umat Budha di Jatiwangi Majalengka mulai mempersiapkan dengan melakukan bersih-bersih kelenteng, salah satunya di Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin.

Sejak pagi, pengurus klenteng Hok Tek Tjeng Sin jatiwangi Majalengka melakukan ritual tahunan berupa bersih-bersih kelenteng salah satunya memandikan patung dewa bumi Hok Tek Tjeng Sin dan menggantikan baju dewa dengan yang baru.

Ketua kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Yulia Indrawati menjelaskan menjelang imlek 25 januari mendatang, semua dewa naik ke langit sehingga kelenteng yang ditinggalkan harus dibersihkan dan mengganti semua pernak-pernik kelenteng dengan yang baru.

"Tadi pagi kita melakukan ritual menyebar kacang-kacanagn di teras kelenteng sebagai tanda minta keberkahan dari bumi, setelah itu memandikan dewa bumi dan mengganti baju dewa dengan yang baru," kata Yulia.

Ditambahkannya, menjelang imlek semua dewa naik ke langit untuk memberi laporan, saat imlek tiba hanya pengawal dewa yang turun ke bumi, 15 setelah imlek semua dewa turun saat perayaan Cap Go Meh.

"Dewa-dewa turun kembali ke bumi saat Cap Go Meh, sehingga saat Cap Go Meh semua umat Budha menyemarakan kelenteng dengan sembahyang,"tandas Yulia.

Layaknya umat Islam kata Yulia, saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh semua keluarga kumpul bersilaturahmi walaupun menurutnya agama budha saat ini hanya dianut oleh generasi tua sementara yang muda  banyak yang sudah berpindah agama. "Saya berharap imlek tahun ini semua dimudahkan rezeki, dipanjangkan usia dan diberi ketentraman dalam keluarga," pungkasnya.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Asep Rochman Dimyati Resmi Pimpin APINDO Subang https://t.co/WlGokBlfyu
Jokowi Gunakan Bahasa Indonesia Saat Pidato Perdana di Sidang PBB https://t.co/XB08t7ZksA
Respon Mahasiswa Rencana UPI Buka Kampus Baru di Subang https://t.co/WpwZBewK83
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter