ATR BPN Subang Bagikan Sertifikat PTSL untuk Warga Patokbeusi

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan ratusan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Desa Tanjungrasa Kidul, Kecamatan Patokbeusi, Subang, Jumat (6/12/2019).

Sertifikat PTSL merupakan program Pemerintah yang bertujuan untuk memberikankepastian hukum dan perlindungan hukum atas hak atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Penyerahan Sertifikat PTSL ini diberikan Kades Tanjungrasa Kidul di Kantor Desa. Sertifikat tanah itu diberikan setelah dilakukan pengukuran dan pemberkasan lahan milik warga dalam kurun enam bulan.

"Hari ini kita serahkan kepada pemiliknya, Gratis.  Ini untuk kepastian hukum kepemilikan tanah warga," kata Kepala Desa Tanjungrasakidul, Didi Rohadi kepada TINTAHIJAU.com.

Didi mengatakan, proses pembuatan sertifikat PTSL tanpa biaya atau gratis. Pemilik tanah hanya menyiapkan SPPT, Kuitasi pembelian tanah, Akta Jual Beli (AJB), Kartu Keluarga (KK) dan KTP. "Dari 500 bidang tanah darat dan tanah sawah sertifikatnya sudah selesai," katanya.

Salah seorang warga, Nata pembuatan sertifikat PTSL secara massal sangat membantu selain mudah juga biayanya ringan hanya Rp150 ribu perbidang lahan tanah.
Sertifikat tanah ini sebagai barang berharga dan bisa dijaminkan dibank, legalitas tanah juga memiliki kekuatan hukum sebagai pemiliknya.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bedug Sebagai Simbol Akulturasi Agama dan Budaya Lokal https://t.co/2ELjmTaJS7
Hadapi Arus Balik Saat Pandemi Covid-19, Polda Jabar Perketat Wilayah Perbatasan https://t.co/QBubkbA1v2
Puluhan Ribu Kendaraan Gagal Mudik Lebaran, Mobil Travel Juga Ditahan https://t.co/xZWefr4Hc3
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter