Dampaknya Mengerikan, Desa Bojongloa Subang Tolak Aktivitas Bank Emok

KASOMALANG, TINTAHIJAU.com - Pemerintah Desa Bojongloa, Kecamatan Kasomalang, Subang menolak keras kehadiran Bank Emok dan rentenir masuk ke wilayahnya. Dampak aktivitas ini, hingga mengancam keutuhan keluarga

Penolakan itu tidak hanya isapan jempol, mereka memasang spanduk yang ditempatkan di sejumlah titik. Sikap tegas Kades Bojongloa Wahlin Wagianto untuk menekan dampak dari aktivitas Bank EMok yang menjerat warganya.

"Ini inisiatif saya sendiri, dan saya sudah berkoordinasi dengan pihak Babinkamtibmas dan Babinsa karena praktek pijaman seperti itu sangat menyusahkan dan menambah beban masyarakat," kata Wahlin kepada TINTAHIJAU.com, Ahad  (01/12/2019).

Dampak dari praktek bang emok, jelas Wahlin, alih-alih meningkatkan ekonomi dan usaha warga, justru membuat beban bagi warga, bahkan mengancam rumah tangga.  "Banyak yang menjadi korban, banyak perpecahan diantara keluarga, suami istri bercerai, dan bahkan ada istrinya yang kabur, dari suaminya. Alhamdulillah setelah ada larangan, ada penurunan sampai 45 persen. Warga sudah mulai berani menolak," jelasnya.

Sebagai konsekwensinya, Kades akan membantu warganya yang berkinginan untuk meminjam modal ke Bank. Ke depan, jelas Kades, pihaknya akan mengoptimalkan peran BUMDES yang ada di Desanya

"Ke depan kita punya rencana, BUMDes bisa melayani simpan pinjam, kita masih pelajari dan kaji dulu ya. Tapi poinya, kita berusaha untuk cari solusi bagi warga, tanpa harus membeani warga," terangnya.


 

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

Polisi Lakukan Penyekatan di Perbatasan Subang dan Purwakarta https://t.co/G71qvCJS82
Alhamdulillah, 14 Orang Terkonfirmasi Positif Korona di Subang Sudah Sembuh https://t.co/cDV4PSumcE
Empat Hari Terakhir, Tidak Ditemukan Kasus Positif Baru di Purwakarta https://t.co/rsWvvafDIO
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter