Sambut Musim Hujan, Warga Desa Karyamukti Majalengka Bersihkan Saluran Air

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Warga Desa Karyamukti, Kecamatan Panyingkiran, Majalengka. Serempak melakukan aksi bersih saluran air yang berada di wilayah pemukiman warga, Rabu (18/9/2019).

Pembersihan saluran air di Desa Karyamukti dilakukan di 10 titik saluran air yang melintasi rumah-rumah warga dan dilakukan secara manual kemudian diangkut kendaraan cator untuk dibuang di TPS blok maduhur.

Kepala Desa Karyamukti M. Bunyamin Khan mengatakan aksi beraih saluran air merupakan kepedulian pihak Pemdes Karyamukti dengan menggerakan RT dan RW setempat.

"Secara gotong royong hari ini warga membersihkan air di 10 titik saluran air. Mumpung sekarang masih kemarau kalau sampahnya secara bertahap dikeruk dari sekarang, nanti pas musim penghujan datang saluran air tidak macet," kata Bunyamin

Bunyamin mengajak membudayakan hidup sehat pada warganya sehingga tidak membuang sampah sembarangan, Pemdes Karyamukti tahun 2020 akan menyediakan tong sampah dari plastik yang akan ditempatkan di tiap RT dan RW.

"Penempatan tong sampah dari plastik ini akan menampung sampah yang ada di lingkungan sekitar dan 2 hari sekali akan diangkut ke TPS yang ada di blok maduhur," ungkapnya.

Bunyamin juga menambahkan akan mengefektifkan Cator pengangkut sampah yang ada dan secara swadaya ada petugas yang akan mengambil sampah ke rumah-rumah warga."Nanti akan ada iuran kebersihan, kalau petugas yang kelilingnya siap," tandasnya.

Ia berharap, kesadaran warga desa Karyamukti akan tmbul secara bertahap dan mau mendukung program-program Pemdes Karyamukti.

"Kalau rumah dan lingkungan bersih dari sampah saya yakin bukan hanya akan indah dan nyaman dilihat namun juga akan berdampak pada kesehatan warga," pungkasnya.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ini Kesan Indra Mustafa Ketika Duet Bareng Nick Kuipers Kalahkan Borneo FC https://t.co/Xg8cxgFfTs
Dana Desa Rp106,6 Juta Di Desa Marengmang untuk Hotmix Jalan Sepanjang 400 Juta https://t.co/ekN5L7VlXm
Awas Musim Ular, Lakukan 3 Langkah Ini https://t.co/fQBCXTixxl
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page