FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Melestarikan Tradisi Bubur Sura di Karyamukti Majalengka

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Tradisi membuat Bubur Sura setiap memasuki bulan Muharam di wilayah Majalengka masih di lestarikan.  Dengan cara bergotong royong bubur sura dibuat oleh warga begitupun dalam mengumpulkan bahan-bahannya.

Melestarikan tradisi bubur sura seperti yang dilakukan warga RT 06 RW 01 Blok Cipadubg Desa Karyamukti, Kecamatan Panyingkiran, Majalengka Minggu pagi (15/9/2019).

Sejak pukul 06.00 WIB salah satu teras milik rumah ibu Een nampak ramai, kesibukan nampak dari ibu-ibu yang sedang menyiapkan beras, membersihkan jenis kacang-kacangan dan sebagian memotong umbi-umbian. "Hari ini kita membuat 10liter beras untuk bubur sura yang akan kita bagikan untuk 5 RT," kata Een kepada TINTAHIJAU.com.

Untuk membuat 10 liter bubur sura ini Een dibantu ibu-ibu lain diantaranya  ibu Anis, Ibu Iyah, ibu Ron dan Ibu Cicih. Een memaparkan bubur sura tempo dulu dengan sekarang tidak jauh berbeda. Bubur yang dibuat berisi potongan umbi-umbian seperti ketela, ubi, huwi dan jenis kacang-kacanagn diantaranya jagung, kacang tanah, kedelai, kacang merah dan lainnya. "Untuk bumbu, hampir sama dengan membuat bumbu bubur namun biar segar sudah kita kasih lada atau sahang," urainya

Untuk penyajian setelah bubur matang kata Een, bubur akan disajikan pada potongan daun atau kertas nasi yang ditaruh di atas piring, untuk topingnya bubur diberi taburan serundeng kelapa, orisan dadar telur, bawang goreng, irisan seledri dan sedikit irisan cabe merah.

"Alhamdulillah jam 10.00 siang ini bubur sura sudah siap kita antarkan ke rumah-rumah untuk 5 RT di blok Cipadung ini, hari ini mungkin baru saya namun besok atau lusa masih ada ibu-ibu yang lain yang juga akan membuat bubur sura." pungkas Een.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

HIV/AIDS Menggila, Akademisi: Selamatkan Generasi Subang https://t.co/h74FQoagic
Jelang Nataru, Polres Majalengka Amankan 1.264 Botol Miras dari Rumah Warga https://t.co/ebodiWAnU3
Innalilahi, 4 ODHA di Ciasem Subang Meninggal Dunia https://t.co/yme3L1oIoz
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page