Tekan Dampak Kekeringan, Nurhasan Zaidi Bangun Embung di Desa Kodasari Majalengka

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Anggota DPR RI Komisi V, H. Nurhasan Zaidi merealisasikan aspirasi warga terkait dampak dari kekeringan dengan membuat Embung di Desa Kodasari, Kecamatan Ligung, Majalengka.

Peletakan Batu Pertama Embung dilakukan pada Rabu (11/9/2019). Seremonial peletakan batu pertama embung yang dihadiri rombongan dari Kementrian Desa diantaranya Direktur Sarpras Drs. H. Muklis, M. Si, Kasubdit Sarpras Rini Nuraini, SH,  M.Si, H.Nurhasan Zaidi Anggota DPR RI Komisi V Dapil Sumedang-Majalengka-Subang dan Tenaga Ahli Yogi Agus Salim serta Bupati Majalengka H.Karna Sobahi didampingi Wabup Tarsono dan Sekda Ahmad Sodikin,

Keberadan Embung yang berfungsi sebagai penampung air itu bisa mengairi areal pertanian di empat desa di Kab. Majalengka yaitu  Desa Kodasari dan Desa Kedungkencana Kecamatan Ligung, Desa Rajawangi Kecamatan Leuwimunding dan Desa Banjaran Kecamatan Banjaran.  

Nurhasan mengatakan, pembuatan embung tersebut merupakan program bantuan dari Direktorat Pembangunan Sarpras Desa Direktorat Jendral PPMD, Kementrian Desa PDTT RI tahun 2019 untuk membantu para petani mengatasi kekeringan disetiap tahun khususnya pada MT II.

"Alhamdulillah usulan Embung Desa khusus nya di 2 desa  yaitu Kodasari dan Kedungkencana, Kecamatan Ligung terealisasi atas Aspirasi melalui Anggota DPR RI Komisi V," kata Nurhasan Kamis (12/9/2019).

Nurhasan menjelaskan pembangunan embung dilakukan untuk membantu petani mengantisipasi kekeringan di setiap tahunnya. Dan Majalengka adalah kabupaten yang menerima program bantuan paling banyak sedangkan kabupaten lain hanya satu desa.

Ditjen PPMD H.Muklis menyebutkan, pembuatan embung ini adalah langkah pemerintah dalam hal membantu para petani dibidang irigasi.  "Setiap tahun petani dipusingkan dengan kekeringan, semoga dengan pembuatan embung ini bisa membantu petani di bidang pengairan. Sehingga angka gagal panen bisa lebih ditekan lagi," kata Muklis.

Bupati Majalengka menyambut baik program dari Kementrian Desa dengan disalurkannya pembuatan embung untuk empat desa. Ddengan harapan dengan dibangunnya embung ini bisa mencukupi ketersedian air untuk pengairan para petani.

"Di musim hujan kita dipusingkan dengan banjir, dimusim kemarau kita juga dipusingkan akan bahaya kekeringan. Dari itu dengan pembuatan embung ini kedepan petani kita lebih terbantu lagi dalam hal kebutuhan untuk mengairi area pertaniannya. Apalagi wilayah Desa Kedungkencana dan Desa Kodasari ini dekat dengan sungai Sindupraja yang sumber airnya selalu mengalir dari bendungan rentang," tegas Karna.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5
Banner Kanan 2
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Majalengka Raih 2 Penghargaan dari Pemerintah Pusat https://t.co/9afVZ0eR0c
Apakah Mundurnya Achmad Zaky dari Bukalapak Karena Ditarik Jokowi? https://t.co/fC49ZBpjdF
3 Menteri Jokowi Main Drama Anti-Korupsi, Ini Sindiran Mereka https://t.co/v5hLi0FtTd
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page