Kemarau Panjang, Petani Bantarwaru Majalengka Tanam Palawija

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com – Kemarau panjang yang terjadi dalam setahun ini memaksa Petani di Majalengka harus beralih dari menanam padi ke Palawija. Ini dilakukan guna menekan dampak kerugian ketika menanam padi.

Seperti Petani di Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung, Majalengka, mereka memilih menanam Palawija ketimbang padi sebagai alternatif di tengah kematau panjang yang melanda daerah itu

Salah seorang petani, Sukirman (39) mengatakan, dia memilih menanam sayuran kacang hijau. Menurut Sukirman Kacang Hijau lebih tahan saat musim kemarau. Namun demikian, jelas Sukirman, dia bersama petani lainnya kesulitan saat proses awal penanaman, seperti penggemburan tanah dan membuat lubang untuk ditanami kacang hijau.

"Karena tidak ada hujan, kita mau tidak mau harus tanam kacang hijau, ini lebih bagus di musim kemarau seperti sekarang," kata Sukirman

Sementara itu, kepala Distankan Kabupaten Majalengka, Iman Firmansyah menganjurkan kepada para petani di khususnya di dataran rendah agar menanami kacang hijau terutama di areal pertanian tadah hujan.

Diharapkan tidak ada petani di Majalengka yang berspekulasi menanam padi di musim tanam (MT) ketiga tahun ini. Pasalnya musim ketiga sekarang tingkat kesulitan mendapatkan air cukup tinggi.

"Kalau kemarau basah yang memungkinkan ketersediaan air dinilai cukup bagus sih tidak apa-apa. Kami hanya menganjurkan kepada para petani di Kota Angin yang menanam padi hanya untuk lahan yang ketersediaan air di sungainya bagus," kata Iman

Dia mengimbau jika kondisi lahan sawah tadah hujan atau daerah yang dikhawatirkan kekurangan air lebih baik ditanami palawija seperti kacang hijau dan kedelai. Karena masa panen jenis palawija tersebut sangat cepat ketimbang padi.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Benarkah Jenis Kelamin Bayi Pengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak? https://t.co/8nMFsoYksj
Hindari Ucapkan Kata-kata Ini Saat Kencan Pertama https://t.co/CMCXfVAXSk
Dalam 10 Hari ini, Sudah 29 Orang Daftar Open Bidding Pejabat Subang. Siapa saja mereka? https://t.co/5ld33CZP8N
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page