Fenomena 'Awan Topi' Muncul di Atas Gunung Ciremai

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi Majalengka Ahmad Faa Iziyn menjelaskan mengenai fenomena awan caping/topi yang terbentuk di atas Gunung Ciremai.

Menurutnya, awan yang disebut lenticula ini bisa membahayakan penerbangan. "Ada potensi bahaya bagi penerbangan, karena di sekitar awan lenticula (awan topi) ini terdapat turbulensi udara," kata Faiz di Majalengka, Kamis (18/7/2019)

Menurutnya dengan adanya potensi bahaya tersebut, BMKG mengimbau agar pesawat tidak melewati sekitar awan itu. "Diharapkan bagi pesawat atau pilot menghindari awan ini (awan topi)," tuturnya.

Awan topi atau lenticula yang terjadi di atas Gunung Ciremai itu, kata Faiz, biasa terbentuk di sekitar pengunungan atau perbukitan dikarenakan pergerakan angin di sekitar gunung. Selain itu, fenomena tersebut juga bisa terjadi karena adanya aliran udara atau angin yang melewati gunung.

Sementara seorang warga yang menyaksikan fenomena awan tersebut, Mangun, mengaku baru pertama kali melihatnya dan itu sangat menakjubkan. "Kalau dilihat bagus juga awannya, jadi lumayan bisa buat koleksi foto," katanya. [ANT]


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

Netizen Geram Karena Ada Perusuh di AS Bertato Indonesia https://t.co/CEJ4ov0NL0
Sehari Penerapan New Normal, Supir Bus di Majalengka Terkonfirmasi Positif Covid-19 https://t.co/Q9D8a0T6LX
Puluhan Warga Purwadadi Ikuti Rapid Test, Dan Inilah Hasilnya https://t.co/YIWG1uq8Q6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter