FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Lingkar Gentong Macet 30 Km, Lalin Dialihkan ke Ciamis - Majalengka

TASIKMALAYA, TINTAHIJAU.com - Arus balik jalur selatan yang melalui Lingkar Gentong Atas mengalami kemacetan hingga menuju Limbangan Garut, mencapai 30 Kilometer. Antrean disebabkan banyaknya kendaraan yang mengalami mati mesin saat menanjak dengan kemiringan 45 derajat.

Untuk menekan tingkat kemacetan, Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota mengalihkan arus lalu lintas kendaraan menuju Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, ke jalur alternatif Singaparna dan Ciamis termasuk ke Majalengka untuk menghindari kemacetan di jalur selatan Jawa Barat, Jumat (7/7) malam.

Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma'ruf di Tasikmalaya mengatakan jajarannya tengah melakukan koordinasi dengan Polres Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar untuk mengalihkan arus kendaraan menuju Bandung.

Kendaraan diarahkan agar tidak melewati lintas Gentong menuju jalur alternatif Singapara, Kabupaten Tasikmalaya dan jalur alternatif Ciamis-Kuningan-Majalengka. "Sudah mulai dilakukan pengalihan arus karena arus balik mulai terpantau padat," kata dia dikutip dari ANTARA

Arus lalu lintas kendaraan dari timur atau Ciamis, Banjar, maupun dari Jawa Tengah menuju barat atau Bandung sudah cukup padat. Kemacetan bahkan mulai terjadi di Jalur Gentong, perbatasan Tasikmalaya dan Bandung.

Kondisi kepadatan di Jalur Gentong itu dibenarkan Kapolres Tasikmalaya Kota Kurniawan Ma'ruf. Menurutnya pengalihan dilakukan sebagai upaya untuk mengurai kepadatan arus kendaraan. "Kendaraan yang menuju Bandung atau Jakarta sudah mulai dialihkan dari Ciamis," katanya.

Ia menyampaikan pengalihan arus kendaraan itu sebagai alternatif bagi pengendara agar tidak terjebak kemacetan di jalur selatan lintas Gentong, Malangbong, Limbangan, sampai Nagreg. Dia mengatakan pengendara yang menggunakan jalur alternatif Ciamis lintas Kuningan akan langsung menuju Tol Cikopo-Palimanan sehingga lebih cepat untuk menuju Jakarta.

"Kendaraan dialihkan Cihaurbeuti menuju Majalengka, Cikijing yang akhirnya akan langsung masuk ke dalam Tol Cipali," katanya.

Pengalihan arus kendaraan ke jalur alternatif Singaparna, kata dia, mulai diberlakukan di Kota Banjar, kemudian melintasi Jalan Raya Garut-Tasikmalaya hingga akhirnya masuk wilayah Garut Kota.

Seluruh personel, lanjut dia, telah siap siaga untuk mengatur dan memberitahu pengendara yang hendak menggunakan jalur alternatif menghindari kemacetan di jalur selatan Jabar.

"Setiap petugas pos di jalur selatan sudah siap membantu untuk mengalihkan kendaraan," katanya. (Antar

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Twitter Update

Outlet Erafone Kini Hadir di Jatibarang Indramayu https://t.co/YS9F976Pku
Maruf Amien Kunjungi ke Ponpes Daarus Syifa Compreng Subang https://t.co/qsa4Bd6SJT
Lagu Ini Bisa Ajarkan Anak Mencintai Alam Sekitar https://t.co/8Js9xw6RBp
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page