FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

10 Tips Asoy Geboy di Jalan Saat Mudik Lebaran 2019

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Lebaran sudah di depan mata. Tandanya harus bersiap mempraktikkan tips mudik Lebaran ke kampung halaman lagi. Buat yang nggak dapat tiket dan terpaksa pulang naik kendaraan pribadi, wajib mantengin tips mudik ini biar selamat sampai tujuan.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan nyaman dan aman. Apalagi jika kamu membawa banyak barang dan bersama anak kecil. Selain mesin kendaraan, fisik juga harus dijaga agar tetap fit saat tiba di kampung halaman.

Berikut ini ada beberapa tips mudik Lebaran buat yang berencana naik motor maupun mobil. Persiapan yang matang akan membuatmu nyaman dan aman selama di perjalanan. Walau kehabisan tiket transportasi umum, tetap harus mementingkan keselamatan, ya.

BERITA TERKAIT
Jalan Pantura Subang Sudah Mulus, Tapi Waspada Tambalan Menyembul
Diprediksi Alami Peningkatan, PT. LMS Tambah Personil di Tol Cipali
Polres Majalengka Cek Jalur Arteri dan Tol Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2019

1. Periksa mesin kendaraan sebelum berangkat
Tips mudik Lebaran yang harus dilakukan oleh pemudik dengan motor maupun mobil adalah memeriksa mesin kendaraan. Jangan sampai di tengah jalan malah mogok karena kehabisan bensin atau mati mesin. Pastikan mesin kendaraan sehat dan siap dipakai untuk perjalanan jauh.

Cek juga lampu, rem depan dan belakang, ban, serta juga fungsi mesin. Biar lebih entang sebelum berangkat, sebaiknya kamu ganti dengan oli yang baru. Jangan lupa isi bensin hingga full tank biar nggak sering mampir ke pom bensin.

2. Kalau naik motor, pastikan pakai perlengkapan khusus
Salah satu tips mudik Lebaran yang harus diperhatikan adalah memakai perlengkapan khusus bagi yang naik motor. Karena perjalanan jauh, pastikan untuk selalu memakai jaket tebal, sarung tangan, juga sepatu. Alat tempur ini akan melindungimu dari paparan angin dan sinar matahari yang menyengat.

Selain itu, baju ini juga akan melindungi jika di tengah jalan terjadi kecelakaan. Baju yang tebal bisa mengurangi efek guncangan dan membuat cedera bisa diminimalisir. Jadi, jangan lupa pakai pakaian yang cocok untuk naik motor.

3. Pastikan gunakan helm SNI agar aman di jalan
Tips mudik Lebaran yang nggak boleh diabaikan adalah menggunakan helm SNI selama perjalanan. Kadang, ada yang memilih helm tidak ber-SNI karena alasan berat dan desain yang lebih lucu. Padahal, helm ini penting supaya bisa melindungi dari benturan jika terjadi kecelakaan di tengah jalan.

Kamu wajib memakai helm SNI, apapun keadaannya. Pastikan pula untuk pengunci helm juga sudah terpasang dengan baik. Dengan menggunakan helm berstandar nasional, keamananmu lebih terjamin. Pastinya nggak akan ditilang polisi, guys.

BERITA TERKAIT
PT. Dahana Subang Siapkan 5 Bus untuk Mudik Gratis Bareng BUMN
Mobil Box Seruduk Truk Pengangkut Stum di Tol Cipali Subang
PT Jasa Raharja Purwakarta-Subang Siapkan Rp3.9 miliar untuk Korban Laka Arus Mudik Lebaran


4. Jangan bawa terlalu banyak barang
Pernah nggak sih melihat motor yang bawa banyak barang hingga membuat pengendara tidak nyaman? Biasanya karena ingin menghemat waktu dan biaya, mereka memaksakan membawa semua barang di motor. Padahal, muatan yang berlebihan bisa mengganggu kenyamanan pengendara.

Hal seperti ini sebaiknya dihindari agar kamu tetap aman saat berkendara. Daripada barangnya mengganggu perjalanan, lebih baik dipaketkan saja ke kampung halaman. Kamu bisa memilih jasa cargo kereta api yang menawarkan harga lebih miring.

5. Makan sebelum berkendara agar stamina tetap terjaga
Makan sebelum perjalanan itu wajib untuk pemudik yang naik motor dan mobil. Karena mengendarai kendaraan akan lebih sulit jika tubuh lemas dan tidak bertenaga. Jika mudiknya saat Ramadan, lebih baik berangkat setelah buka puasa saja.

Selain itu, siapkan air minum dan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik agar konsentrasi tetap terjaga. Kalau lapar, kamu bisa melipir dulu ke warung makan terdekat untuk mengisi amunisi dan mengenyangkan perut.

6. Buat yang naik mobil, jangan lupa siapkan e-toll
Buat kamu yang mudik naik mobil, isi e-toll sebelum memulai perjalanan. Jika tidak disiapkan dari rumah, di tengah jalan kamu bakal kebingungan sendiri.
Kamu bisa mendapatkan kartu ini di minimarket yang tersebar di berbagai kota. Selain itu, beberapa bank juga menyediakan e-toll yang bisa kamu gunakan. Selain praktis, kartu ini juga memudahkan saat bertransaksi di pintu masuk tol.

7. Perjalanan panjang wajib sediakan makanan dan minuman
Tips mudik dengan mobil pribadi biar nggak bosan dijalan adalah membawa makanan dan minuman dari rumah. Perjalanan yang panjang bisa bikin kamu lelah dan juga lapar. Untuk mengganjal perut hingga waktu makan selanjutnya, kamu bisa membawa camilan dari rumah.

Kamu bisa menyiasatinya dengan membeli makanan siap saji atau menyiapkan bekal seperti martabak atau roti isi. Siapkan juga air putih yang banyak, karena belum tentu di jalan ada minimarket. Daripada kehausan, lebih baik persiapkan semuanya dari rumah.

REKOMENDASI:
6 Aktivitas Wanita Haid yang Tetap Panen Pahala Walaupun Gak Boleh Puasa
Hukum Berpuasa Bagi Ibu Menyusui dan Hamil
Hukum Ngupil atau Korek Telinga Saat Puasa, Batalkah?


8. Aktifkan GPS agar dapat info jalan yang tidak macet
Biar terhindar dari macet, kamu harus mengikuti tips nyaman saat mudik ini. Pastikan GPS atau aplikasi petunjuk arah sudah aktif. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencari rute terbaik menuju kampung halaman.

Saat musim mudik tiba, biasanya jalanan akan macet dan penuh dengan pengendara. Jika tidak tahu jalan mana saja yang padat, bisa-bisa kamu akan terjebak macet di tengah jalan. Daripada menghabiskan waktu berjam-jam di jalan, lebih baik antisipasi dengan mengaktifkan GPS.

9. Jika mudik bersama balita, siapkan kursi khusus agar tetap aman
Tips mudik buat kamu yang bawa anak kecil adalah dengan selalu menggunakan car seat. Banyak yang mengabaikan fungsi kursi khusus balita atau car seat saat mudik menggunakan mobil. Padahal kursi ini bisa melindungi anak-anak dari guncangan mendadak.

Selain itu, ada baiknya untuk menempatkan car seat di jok belakang saja. Posisi ini lebih aman untuk balita dan tidak menganggu konsentrasi pengemudi. Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan, lebih baik persiapkan dari awal.

10. Paling penting adalah istirahat saat kelelahan
Ini adalah tips paling penting yang harus banget diperhatikan, istirahat yang cukup. Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah tidur setidaknya 8 jam. Dengan tidur yang cukup, stamina akan maksimal dan siap melakukan perjalanan.

Selain itu, jika di jalan sudah merasa kelelahan, lebih baik langsung istirahat saja. Kamu bisa mencari rest area terdekat atau sekadar mampir di minimarket. Bisa juga sekalian makan untuk mengisi tenaga agar selamat sampai tujuan.

Banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena pengendara nekat melanjutkan perjalanan padahal sudah lelah. Jangan paksakan diri dan tidur jika sudah mulai mengantuk. Banyak rest area selama Lebaran yang disediakan oleh polisi dan juga instansi terkait.

Dengan mengikuti semua tips mudik Lebaran di atas, perjalanan pasti akan lebih menyenangkan. Pastikan untuk istirahat jika sudah merasa lelah. Jangan paksakan diri agar selamat sampai kampung halaman.


sumber: keepo


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Lokasi Finis Asian Games Bakal Jadi Sentra Oleh-oleh Subang https://t.co/oXWOy2014C
Dilaunching, Bummas Desa Palasari Subang Diharapkan Mampu Genjot Ekonomi Desa https://t.co/Vx10Uaqxdm
Pedagang Bingkai di Subang Menanti Berkah dari Pelantikan Presiden https://t.co/M1a0zIR5D2
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page