Tradisi Jelang Ramadan, Warga Majalengka Nyekar ke Makam

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Menjelang datangnya Bulan Ramadan 1440 Hijriyah, warga di Majalengka berbondong-bondong ziarah kubur atau nyekar ke makam orang tua dan atau leluhurnya.

Selain mendoakan orang yang sudah meninggal, mereka juga bersih-berih area kuburan keluarganya. Seperti yang terjadi di Pemakaman Girilawungan Kelurahan Majalengka Wetan. Sejumlah warga datang sejak pagi dengan membawa sapu lidi dan bunga untuk membersihkan sekitar makam keluarga mereka kemudian memberikan taburan bunga (nyekar) lalu berdoa bersama.

Salah seorang warga Jl. Gang Kramat Nono mengatakan, dia dan keluarganya sudah tradisi ziarah makam setiap menjelang bulan puasa. "Setiap tahun menjelang bulan puasa saya dan keluarga melakukan bersih-bersih makam kemudian nyekar dan mendoakan arwah keluarga yang sudah meninggal," kata Nono.

Di Pemakaman Girilawungan Majalengka Kulon bukan hanya Nono dan keluarganya yang melakukan tradisi bersih-bersih makam dan nyekar menjelang bulan suci Ramadhan, puluhan warga lainnya juga akan berdatangan dari pagi sampai sore hingga menjelang H-1 bulan puasa.

Sementara itu warga lain yang berlokasi dekat dengan pemakaman sengaja berjualan bunga tabur untuk di pemakaman yang sudah dibuat perbungkus, warga yang datang dan tidak membawa biasanya akan membeli bungat tabur di pintu masuk makam. (Echa)

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

SMPIT As-Syifa Subang Umrohkan Siswa Teladan dan Hafal 30 Juz Al-Quran https://t.co/zf4xIF8lu6
Polres Majalengka Amakan Empat Pekerja Hiburan Malam https://t.co/hYXhu065hN
Rindu Perubahan, Bupati Ruhimat Ajak Warga Bersatu Membangun Subang https://t.co/ckhqvDBXMs
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page