Gurahit, Beras Sehat Inovasi Petani Milenial Majalengka

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Di tengah kesibukannya sebagai Dokter Gigi, drg Pridiana Oskandar mengembangkan padi varietas baru, Gurahit inovasi IPB Bogor

Dokter Gigi yang bertugas di RS Cideres Majalengka mengatakan beras Varietas baru ini memiliki kekhasan sendiri dibanding dengan beras lainnya. Selain baunya harum, berwarna lebih putih, dan enak di lidah dan bisa menggugah selera makan. Kadar index glikemik yang terkandung dalam beras Gurahit ini aman bagi penderita penyakit diabetes.

Beras Gurahit ini memiliki index Glikemik uyang rendah dihasilkan dari benih padi IPB 3S, persilangan benih padi Indica [lokal] dan padi Japonica hasil inovasi DR. Hajrial Aswidinnoor seorang dosen peneliti dari kampus IPB Bogor, dipadukan dengan budidaya metode Hayati ala Team Gurahit Agriculture yang ramah lingkungan.

"Ini inovasi IPB sudah melalui proses penelitian. Beras gurahit ini hasil dari persilangan padi Japonica dan Indica yang memberikan tekture dan rasa yang istimewa dalam setiap suap nasinya," kata Pridiana kepada TINTAHIJAU.com di lokasi persawahan Gurahit Agriculture Desa Gandu, Sabtu pagi.

Pridiana memaparkan, untuk lahan satu hektare petani bisa mendapatkan hasil di atas rata-rata yakni 6 ton. Kuantitas ini lebih banyak dibadning rata-rata petani setempat yang hanya sekitar 4,8 Ton perhektare. "Beras yang dihasilkan dari padi varietas IPB 3S ini sangat cocok buat yang ingin hidup sehat dan juga baik dikonsumsi oleh pasien-pasien Diabetes dan yang sedang melakukan Diet makanan," paparnya

Menginjak tahun kedua ini kata Pridiana, ia konsen mengembangkan konsumen di wilayah Majalengka dulu, dan sejauh ini konsumen beras gurahit adalah kalangan menengah ke atas seperti para dokter yang merupakan rekan-rekan seprofesinya, dan kalangan PNS. "Insha Allah Beras gurahit ini putih, sehat, pulen dan bercita rasa tinggi," pungkasnya. (Echa)


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Akhiri KNM di Desa Sukasari, Mahasiswa Universitas Majalengka Gelar Seminar Digitalpreneur https://t.co/8NPcuCDVmB
Diduga Korupsi Dana Desa, Kejari Indramayu Tahan Kepala Desa https://t.co/kHczaqBY1R
Bupati Subang Jalin Kerjasama dengan ITB di Bidang Pendidikan cc @PemkabSubang @itbofficial https://t.co/N1BzabhBTF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page