Book Fair Subang 2019, Budayakan Literasi dengan Lomba Mewarnai dan Dongeng

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Dinas Perpusatakaan dan Arsip Subang menggelar Subang Jawara Book Fair 2019 di Gedung Juang, Jl. Kertawigenda, Subang. Kegiatan tahunan ini digelar hingga 17 Maret 2019 mendatang.

Book Fair 2019 ini mengangkat tema Budaya Membaca Buku untuk Jadikan Subang Jawara. Kepala Dinas Perpusatakaan dan Arsip Subang Ade Mulyawadi mengatakan, Book Fair ini sebagai upaya meningkatkan budaya membaca masyarakat. Menurut dia, di Indonesia, minat membaca dalam kondisi mnegkhawatirkan, 1 : 1000.

Di Subang, diakui Ade, jumlah kunjungan warga ke Perpustakaan relatif minim. Tidak lebih dari 100 orang yang datang ke Perpustakaan setiap harinya. "Masih kurang dari 100 setiap harinya. Sementara Perpustakaan di Desa belum benar-benar berjalan," kata Ade

Di tengah minimnya minat baca warga, momentum Book Fair ini justru belum diisi dengan kegiatan yang merangsang warga membaca dan menulis. Dari daftar lomba yang dijadwalkan, kata Ade, panitia melombakan Dongeng, Mewarnai untuk Murid PAUD dan sejenisnya.

"Menulis dan membaca itu kan fondasi literasi, tapi prakteknya ya seperti mewarnai, dongeng atau cerita dan bedah buku," kilah Ade.

Wakil Bupati Agus Masykur yang membuka kegiatan itu menegaskan, rendahnya minat baca akan berdampak fatal. Saat ini jelas Agus, tidak sedikit netizen yang menerima informasi tdiak dibaca dan ditelaah, tapi langsung menshare. Demikian halnya, berita. Masih banhyak warga yang hanya membaca judul ketimbang isinya.

"Budaya membaca ini harus ditingkatkan lagi, digalakkan lagi. Sekarang sudah jarang orang yang membaca buku. Diusahakan lah dalam setiap hari kita sempatkan membaca buku meski hanya beberapa halaman," jelasnya


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel















TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Apakah Berhubungan Intim Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh? Ini Jawabannya https://t.co/OL9M7Yl6Dc
Catat! Ini Tiga Penyakit yang Sering Muncul Setelah Lebaran https://t.co/IqLghAkHo6
Viral! Polisi di Karawang Tolong Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan dan Belikan Seperangkat Bayi https://t.co/H6WB2xY2jU
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter